Loading Posts...

Tips Memudahkan Kamu dalam Belajar

  1. Ciptakan Suasan Kondusif
    Agar efektif kamu harus mencipatakan suasanan belajar yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang kamu pelajari itu benar – benar masuk ke otakmu, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga tidak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan juga bisa menjadi pilihan yang baik karena selain lebih fresh, kamu juga jadi lebih tenang dan tidak penat dalam belajar.
  2. Catat Poin yang Penting
    Langkah selanjutnya adalah mencatat poin-poin penting. Hanya mencatat poinnya saja dan bukan meringkas. Contoh kecil misalnya mengingat tanggal-tanggal bersejarah. Cukup mencatat tanggal, tempat dan nama peristiwa tersebut. Jika ingin menambahkan keterangannya, isilah secara singkat dan yang paling penting buatan diri sendiri karena akan lebih mudah untuk mengingatnya.
  3. Saat Kamu Tidak Bisa Konsentrasi Coba Lakukan Kegiatan Lain Terlebih Dahulu
    Otak kita memiliki dua mode dalam pembelajaran, yaitu mode fokus dan mode difus. Mode fokus adalah mode yang kita gunakan benar-benar fokus dan konsentrasi penuh saat belajar. Mode difus adalah kebalikannya. Jadi, walaupun kedua mode ini sangat bertolak belakang, tetapi keduanya kita butuhkan secara bergantian. Inti dari mode difus adalah membiarkan pikiran kita terbang melayang. Tapi, walaupun kita tidak sedang menggunakan otak kita, otak kita masih tetap bekerja tanpa kita sadari. Misal kamu terjebak dalam suatu permasalahan matematika yang sulit kamu pecahkan walau sedang fokus mengerjakannya. Kamu tak perlu memaksakan otakmu untuk memecahkan jawabannya saat itu juga, tinggalkanlah sejenak karena otakmu sedang berada dalam fase difus. Lakukan aktivitas apapun yang bisa mengalihkan pikiranmu dari persoalan matematika tadi. Setelah otakmu merasa fresh kembali, kembalilah pada permasalahan tadi. Kamu akan merasakan bahwa tiba-tiba seperti ada ilham yang masuk ke dalam otakmu sehingga kamu bisa memecahkan jawabannya dengan mudah. Saat jawaban itu muncul, catatlah dengan cepat karena pada fase difuse, karena hal-hal yang muncul tidak akan bertahan dengan lama di dalam otak.
  4. Dimengerti Bukan Dihafal
    Kalau kamu menghafal sesuatu yang belum tentu kamu mengerti maka itu akan sia-sia. Saat kamu mengerti mengenai topik yang dipelajari, secara otomatis kamu akan paham. Pemahaman ini yang nantinya akan membantu kamu dalam menganalisa jawaban. Jadi, walaupun soalnya diputar-putar, kamu tetap bisa jawab. Ada beberapa pejaran yang memang butuh menghafal misalnya tanggal bersejarah, nama-nama tokoh dan pahlawan. Untuk mengatasinya kamu bisa membaca berulang-ulang, tanpa kamu sadari hafalan itu akan melekat di otak dengan sendirinya.
  5. Mind Maping
    Ada lagi cara menghemat jam belajarmu dan membuat lebih siap menghadapi ujian. Coba cara mind mapping. Mind mapping merupakan proses pemetaan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu. Tulisan yang dihasilkan adalah gambaran langsung dari cara kerja koneksi dalam otak. Cara ini juga dapat mengembangkan cara berpikir kreatif kamu. Menurut Tony Buzan, sang pencetus mind mapping, proses ini dapat membantu kita untuk banyak hal. Beberapa di antaranya yaitu merencanakan, berkomunikasi, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran, serta mengingat dengan baik. Belajar jadi lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan.
  6. Jangan Menunda Belajar
    Sangat mudah memang bagi kita untuk menunda sesi belajar yang sudah ditentukan. Apalagi, kalau kita kurang berminat pada pelajaran tersebut. Kalau kamu ingin berhasil tidak boleh menunda waktu belajar. Jika kamu menunda jadwal bejar, seterusnya kamu akan menjadi kurang efektif dalam menerima materi pelajaran.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment