Loading Posts...

Sarapan Sehat dan Sederhana Bagi Kamu yang Super Sibuk

Sangat disayangkan jika kamu melewatkan sarapan. Kamu di pagi hari akan menjalankan berbagai aktivitas yang sangat padat, yang mungkin bisa membuat kamu kurang konsentrasi. Sehingga dalam memulai hari untuk menjalankan aktivitas panjang tersebut, sangat rugi jika kamu tidak sarapan pagi karena pasti akan menurunkan peforma kerja dan aktivitas kamu. Setelah mengetahui akan pentingnya sarapan, kamu juga perlu mengetahui makanan yang disarankan dikonsumsi untuk sarapan, yang akan memberikan manfaat besar bagi tubuh dan meningkatkan energi kamu dalam beraktivitas.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik di konsumsi saat sarapan:

  1. Sereal
    Berbagai macam sereal sangat mudah ditemui di supermarket sehingga kamu tinggal memilih sereal apa yang paling disukai. Penyajiannya yang mudah dan gizi yang cukup lengkap membuat sereal menjadi salah satu menu sarapan favorit. Jika selama ini kamu mencampur sereal dengan susu, cobalah menggantinya dengan yogurt. Tambahkan pula beberapa potong buah-buahan segar.
  2. Oatmeal
    Penyajian oatmeal hampir sama dengan sereal. Bedanya, ada jenis oatmeal tertentu yang harus dimasak. Untuk menghemat waktu, pilihlah oatmeal yang hanya perlu diseduh dengan air panas. Sayangnya, di Indonesia oatmeal belum populer karena rasanya yang hambar. Padahal, kandungan serat yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Untuk itu, kamu bisa menambahkan madu dan potongan buah untuk rasa yang lebih mengundang selera.
  3. Telur
    Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi telur saat sarapan bisa membuat kamu kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Mengonsumsi telur secara rutin juga bisa membantu menjaga kadar gula darah serta insulin dalam batas normal. Tidak hanya itu, telur ternyata merupakan salah satu sumber kolin terbaik, yaitu nutrisi yang penting untuk kesehatan otak dan hati. Oleh sebab itu, bagi kamu yang memang ingin diet, menambahkan telur ke dalam menu sarapan kamu bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya telur dapat membuat kamu lebih berenergi dan mencegah makan lebih banyak hingga waktu makan siang tiba. Untuk menyiapkan sarapan sehat yang cepat dan praktis, kamu bisa membuat telur orak-arik (scrambled egg). Agar lebih bergizi, kamu bisa menambahkan sayuran seperti wortel, jagung, bayam cincang ataupun jamur ke dalamnya. Jika kamu ingin lebih kenyang, cukup selipkan telur orak-arik di tengah roti gandum.
  4. Pisang
    Selain beberapa jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, pisang juga bisa jadi menu sarapan sehat yang mudah dibuat dan disajikan. Pasalnya, pisang merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di musim apapun. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis menjadikan buah satu ini banyak digemari orang. Untuk menu sarapan, kamu bisa memakan pisang dengan berbagai cara. Misalnya, dimakan langsung, dibuat smoothies, ditambahkan ke dalam sereal atau oatmeal, dan dengan cara lainnya sesuai selera kamu.
  5. Yogurt
    Yoghurt kaya akan kandungan kalsium dan protein, yang membuat kamu bisa terus merasa kenyang hingga siang hari. Pilih yogurt yang polos yaitu tanpa lemak (atau rendah lemak). Dalam mengonsumsinya, disarankan dengan menambahkan beberapa potong buah untuk memberikan cita rasa dan memperbesar asupan gizi untuk tubuh.
  6. Roti Gandum
    Banyak yang orang mengandalkan karbohidrat sebagai asupan utama saat sarapan. Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa pemilihan jenis karbohidrat sangat penting karena sangat dapat mempengaruhi kesehatan kamu, serta memperngaruhi kemampuan tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Yang bagus dikonsumsi adalah jenis karbohidrat yang terkandung di dalam gandum dan biji-bijian. Giovinazzo tidak merekomendaikan mengolesi roti dengan selai atau jelly karena tinggi lemak dan kalori yang justru bisa membahayakan tubuh dan tidak memberikan manfaat penting. Yang disarankan dalam campuran roti adalah dengan asupan protein, yang bisa berasal dari telur atau mentega almond.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment