Loading Posts...

Pilih Jurusan yang Sesuai Berdasarkan Kepribadian Kamu

Sebagai calon mahasiswa baru biasanya sering bingung dalam menentukan jurusan apa yang akan di pilih kalau masuk perguruan tinggi. Orang tua juga terkadang ikut memaksakan kehendak agar anak memilih jurusan yang mereka inginkan. Maka dari itu seharusnya sebagai calon mahasiswa hendaknya memilih jurusan yang sesuai dengan kepribadian mereka. Ini karena setian orang punya kerpibadian yang berbeda-beda sehingga minat dan bakat yang dimiliki pun berbeda pula. Berikut tips untuk memilih jurusan berdasarkan kepribadian kamu.
Dalam Psikologi Holland mengelompokkan tipe-tipe kepribadian sesuai dengan jalan karier tertentu menjadi enam, yaitu Realistic (praktikal), Investigative (pemikir), Artistic (kreator), Social (penolong), Enterprising (persuasif), dan Conventional (pengorganisir). Keenam tipe ini diakronimkan menjadi sebuah kode yang disebut RIASEC.
Dalam teorinya, Holland mengatakan kalau tiap-tiap individu dari tipe kepribadian memiliki karakteristik yang tepat untuk bekerja di salah satu bidang pekerjaan yang sesuai dengan minatnya, yang diyakini akan memberikan level produktivitas yang lebih tinggi dan tingkat pencapaian kesuksesan yang lebih maksimal dibandingkan mereka yang tidak memiliki kepribadian yang sama.
1. Tipe Realistik (Praktikal atau Perilaku)
Kepribadian ini menggambarkan seseorang dengan orientasi penerapan. Karakter orang ini biasanya mengutamakan kekuatan dan keterampilan fisik, kurang bisa mengatur bahasa secara verbal, suka kepada hal-hal yang nyata, kurang dapat bersosialisasi kepada orang lain, mereka juga mencintai kebebasan dan kegiatan yang melibatkan fisik, gak neko-neko dan sangat rendaha hati. Biasanya orang dengan kepribadian ini akan berprestasi di bidang atletik. Contoh jurusan yang cocok yaitu : Teknik Mesin, Teknik Elektronika, Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Ilmu Olahraga, Arsitektur, Sekolah Pilot, Kehutanan dll.
2. Tipe Intelektual atau Investigative (Pemikir)
Kepribadian ini menunjukkan minatnya kepada hal yang berbau akademis. Mereka menunjukkan ciri khas bekerja dengan area pemikiran atau perenungan masalah, mereka sangat suka mengobservasi, menganalisa dan melakukan sesuatu atas dasar yang jelas, serta kurang bersosialisasi dan beracuan kepada tugas. Contoh jurusan yang cocok : Psikologi, Sistem Informasi, Ilmu Ekonomi, Ilmu Gizi, Ilmu Kimia, Teknik Metalurgi dll.
3. Tipe Sosial (Penolong)
Orang dengan jenis kepribadian ini bersifat suka membantu orang lain. Ciri khas yang muncul dari tipe ini adalah mereka pandai untuk bersosialisasi, bertanggung jawab, sabar, berempati, rela berkorban, berorientasi pada perasaan ketimbang intelektual, peduli kemanusiaan dan menyukai kegiatan yang teratur. Contoh jurusan yang cocok : Psikologi, Keperawatan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Hubungan Internasional, Pendidikan Guru, Hukum, Sosiologi dll.
4. Tipe Konvensional (Pengatur atau Pengorganisir)
Tipe kepribadian akan mengutamakan kemampuan verbal, ini biasanya menunjukkan kesenangan kepada angka, suka mengabdi, menyukai keteraturan dan kerapian, memandang status sosial dan materi serta mampu mencapai tujuan dengan dampingan atasan. Mereka sangat suka dengan pekerjaan yang rutin dan berulang, serta mengelola informasi dengan baik. Contoh jurusan yang cocok : Statistika, Matematika, Akuntansi, Administrasi, Manajemen Keuangan dll.
5. Tipe Wirausaha atau Entreprising (Pembujuk atau Persuasif)
Orang dengan kepribadian ini biasanya menunjukkan keterampilan dalam berkomunikasi, mempengaruhi orang lain, memiliki perhatian terhadap kekuasaan, status sosial, memiliki jiwa kepemimpinan dan cenderung agresif. Dikenal juga sebagai orang yang supel, bersemangat, penuh percaya diri, dan senang berkompetisi. Contoh jurusan yang cocok : Hubungan Masyarkat, Teknik Industri, Manajemen Pemasaran, Pendidikan Militer, Bisnis, Komunikasi, Ilmu Pemerintahan dll.
6. Tipe Artistik (Kreator atau Pencipta)
Tipe unik yang satu ini memiliki jiwa kreatif dan orignal, suka menciptakan hal baru dan penuh dengan imajinasi. Orang dengan kepribadian ini pintar dalam mengekspresikan diri secara visual maupun verbal, serta punya kemampuan komunikasi yang sangat bagus. Orang ini mempunyai kecenderungan kepada hal yang berhubungan dengan orang lain namun tidak langsung, memiliki sifat sosial tapi sulit menyesuaikan diri. Jurusan yang cocok : Jurnalistik, Design Komunikasi Visual, Teknil Informatika, Tata Boga, Arsitektur, Design Interior, Seni, Bahasa dll.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment