Loading Posts...

Perasaanmu Sering Berubah-ubah? Mungkin Kamu Punya Gangguan Mood

Kehidupan kadang naik turun. Banyak orang merasa senang kalau dapat nilai tinggi, promosi, atau perhatian dari orang yang diidamkan. Kebanyakan orang akan merasa sedih atau depresi kalau ditolak seseorang, gagal waktu ujian, atau kesulitan keuangan. Sebaliknya, normal untuk merasa senang kalau ada kejadian yang menggembirakan. Juga sama normalnya kalau merasa depresi karena kejadian menyedihkan. Tapi jadi abnormal kalau seseorang tidak depresi saat ada kesulitan hidup.
Suasana hati ataupun mood yang baik akan memperlancar segala kegiatan dan aktifitas kamu. Begitu juga kebalikannya, kalau mood kamu sedang buruk maka akan mengacaukan banyak aktifitas kamu, bahkan bisa saja kamu merasa pengen marah sama semua orang padahal orang lain tidak salah.
Siapa saja yang akan mengalami gangguan ini? maka jawabannya adalah semua orang. Pria dan wanita, tua dan muda tentu bisa teserang, bahkan anak ABG alias anak remaja sekalipun bisa terserang gangguan mood. Tapi umumnya yang mengalami penyakit ini adalah para wanita.

Berikut adalah macam-macam gangguan mood dalam Psikologi
1. Gangguan Depresi
Ini adalah gangguan mood dengan jenis berat, gangguan depresi ini lebih banyak terjadi pada orang yang memang punya masalah berat atau hal-hal yang nggak bisa mereka kendalikan sendiri. Penderitantanya biasanya akan merasa sedih, merasa lelah yang berlebihan setelah aktivitas yang rutin, hilang minat dan semangat, malas berativitas dan mengalami gangguan pola tidur yaitu sulit tidur atau sulit bangun tidur, nggak nafsu makan atau terlalu nafsu makan, sulit untuk berfikir dan memutuskan suatu hal. Depresi ini merupakan faktor utama penyebab bunuh diri.
2. Gangguan Distimik atau Distimia
Ini adalah depresi ringan, depresi ini jarang kambuh. Biasanya penderita akan merasakan perasaan terpuruk atau merasa bersalah, atau punya masalah sepanjang waktu, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit, merasa diri sendiri tidak berharga, sulit berkontrasi dan mengambil keputusan, hopeless. Tapi nggak separah depresi sampai ada rasa pengen bunuh diri dan sejenisnya. Penderitanya sadar kalau ia sedang punya gangguan yang membuat ia seringkali bersikap aneh dan berbeda.
3. Gangguan Mood (Bipolar)
Ini gangguan yang cukup populer di kalangan masyarakat, gangguan ini cukup bahaya juga mengganggu aktifitas penderitanya. Orang yang menderinyanya akan mengalami siklus perubahaan mood yang ekstrim dan nggak ada mood normal sebagai perantarannya, bisa jadi dari sedih tiba-tiba merasa senang yang super mania. Nggak ada cooling down mood lebih dulu. Mereka juga bisa jadi sangat bersemangat/energetik, sangat ‘bahagia’(tertawa, bercanda), punya kepercayaan diri yang berlebihan, melakukan sesuatu tapi tidak memikirkan konsekuensi tindakannya, berbicara tidak terkendali, cepat, dan berpindah-pindah ide, serta dapat tidak tidur selama dua hari berturut-turut selama ia mengalami kondisi ini.
4. Gangguan Siklotimik
Ini adalah gangguan perasaan yang kronis. Ciri-cirinya adalah suasana perasaan yang berubah-ubah yang cukup sering. Hilangnya minat atau kesenangan untuk beraktivitas tapi tidak terlalu parah.

Gangguan mood lainnya sebenarnya masih banyak, tapi nggak se-spesifik gangguan besar yang diatas. Gangguan mood ini biasanya dirasakan manusia normal kalau sudah merasa cukup lelah atau stress dengan pekerjaan, masalah hidup atau sekolah. Tapi masih bisa diatasi kok, diantaranya adalah :
Mood Eutimia : Perasaan yang tidak tertekan, biasa saja, datar.
Mood Hipotimia : Selalu merasa sedih
Mood Disforia : Merasa tidak gembira
Mood Eutimia : Perasaan menghayati yang membuat penderitanya jadi lebih emosional
Mood Eforia : Perasaan yang berlebihan
Mood Ekstasia : Gairah yang meluap luap
Aleksitimia : Sulit menyadari emosi seseorang
Anhedonia : Hilangnya minat untuk melakukan sesuatu
Mood Kosong : Memiliki sedikit sisi emosional
Mood Labil : Osilasi antara euforia dan mudah marah
Mood Iritabel : Mudah diganggu dan mudah marah

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment