Loading Posts...

Penyakit Mental Paling Aneh dan Berbahaya

  1. Merasa Diri Sudah Meninggal
    Penyakit ini disebut juga dengan Walking Corpse Syndrome. Orang yang menderita penyakit ini sebernya masih hidup di dunia ini tetapi merasa dirinya sudah meninggal atau bahkan sebenarnya tidak ada di dunia. Ia dapat mengira dirinya hantu yang belum move on dari dunia nyata. Mereka berpikir kalau mereka adalah mayat yang hidup di dunia manusia. Penderinya bahkan bisa mencium bau daging busuk yang berasal dari tubuhnya sendiri. Merasa dirinya telah lumpuh. Salah satu penyebabnya bisa dari depresi dan kurang tidur atau bisa juga karena lesi atau terlokalisir di daerah frontal dan temporal belahan kanan otak. Pengobatan yang bisa dilakukan yaitu dengan member antidepresan, antipsikotik, obat penstabil mood dan disertai terapi electroconvulsive (ECT).
  2. Melihat Objek Lebih Kecil dari Seharusnya
    Penyakit ini disebut juga dengan Alice In Wonderland Syndrome. Ini adalah gangguan visual neurologis dimana seseorang melihat objek-objek jauh lebih kecil dan jauh dari seharusnya. Ia bisa melihat temannya, bagian tubuh dari manusia, hewan, objek tak bergerak menjadi lebih kecil, terlihat lebih besar, lebih dekat, atau lebih jauh dari kenyataan. Garis lurus pun bisa terlihat bergelombang dan benda benda tertentu bisa bergerak. Contohnya, mobil bisa dilihat berukuran seperti kucing saja. Ini terjadi bukan karena mata penderita yang sakit tapi otak dari penderita yang salah menginterpretasi informasi dari mata. Kondisi ini sering terjadi sebelum, selama, atau setelah migrain. Tetapi juga bisa terjadi dengan kondisi lain seperti epilepsi, infeksi seperti virus Epstein-Barr, stroke, depresi atau skizofrenia. Kondisi ini juga dapat terjadi setelah minum obat seperti sirup obat batuk, obat alergi, dan obat anti-kejang topiramate (Topamax).
  3. Memakan Diri Sendiri
    Penyakit ini disebut juga dengan Self-Cannibalism atau Lesch-Nyhan Syndrome. Gangguan ini membuat seseorang cenderung beraktivitas yang menyakiti bahkan memakan bagian tubuhnya sendiri. Dalam 60% kasus, gigi pasien harus dihabiskan untuk mencegah mereka menggerogoti lidah, bibir, dan pipi mereka sendiri. Dan kebanyakan penderita penyakit ini sering makan jarinya bahkan sampai putus.
  4. Mimpi Jadi Hewan
    Gangguan ini disebut juga dengan Lycantrophy. Hati-hati yaa.. menurut para ilmuan memperkirakan mimpi jadi hewan merupakam salah satu asal-usul timbulnya gangguan ini. Penderitanya mempercayai bahwa dirinya adalah hewan, atau telah diubah menjadi hewan. Penderita akan menunjukkan gejala seperti mengeram, berjalan dengan tangan dan kaki, menggigit barang-barang di sekitar, serta memakan makanan yang tidak lazim. Penderita juga merasa memiliki cakar, bulu, taring, atau apa pun yang memiliki hewan tertentu. Gangguan jiwa ini pertama kali pertama kali ditemukan pada tahun 1852, di mana seorang pria dikirim ke rumah sakit jiwa di Nancy, Prancis karena meyakini dirinya telah berubah menjadi seekor serigala.
  5. Tanggan yang Bergerak Sendiri
    Ini disebut juga dengan Alien Hand Syndrome. Yaitu gangguan saraf langka yang mana satu fungsi tangan bergerak tanpa sadar. Jadi penderita gangguan ini memiliki sebuah tangan yang bergerak di luar kendali otaknya. Orang yang menderita sindrom tangan alien biasanya tanpa sadar menggerakkan tangannya sendiri, seperti menyentuh muka, meraba-raba benda di sekitarnya atau bahkan merobek-robek pakaian sendiri. Seseorang dapat mengambil barang dengan sebuah tangan dan “tangan alien”nya merebut lalu membuang barang itu. Bahkan tangan ini bisa mencekik leher penderitanya sendiri. Penyakit ini berhubungan dengan kontrol otak gerakan sukarela dan spontan.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment