Loading Posts...

Mitos Tentang Jerawat yang Harus Kamu Tau

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh semua orang. Munculnya jerawat akan sangat mengganggu penampilan dan sering kali membuat seseorang merasa tidak nyaman. Munculnya jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit. Minyak ini berfungsi untuk melembabkan kulit ini justru akan menyebabkan sumbatan kalau produksinya berlebihan dan akhirnya terbentuklah jerawat di wajah kamu (pembengkakan kecil pada kulit yang biasanya berisi nanah) atau komedo. Selain itu, jerawat juga dapat terjadi karena faktor hormon. Berikut ini beberapa mitos tentang jerawat yang harus kamu tau.

  1. Jerawat bisa iritasi karena sunscreen/tabir surya
    Walau beberapa tabir surya mengandung bahan yang memperburuk kondisi jerawat, tabir surya penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Carilah tabir surya yang tepat untuk jenis kulit kamu. Ada 2 jenis tabir surya: tabir surya kimia dan fisik. Tabir surya kimia dapat menyebabkan kulit kamu bereaksi. Kalau kulit kamu sensitif, gunakan tabir surya fisik seperti zinc oxide.
  2. Pasta gigi bisa menyembuhkan jerawat
    Kamu mungkin pernah dengar kalau mengoleskan pasta gigi dapat menghilangkan jerawat. Mitos ini menurun dari generasi ke generasi. Walau mungkin ada kandungan yang dapat mengeringkan jerawat, pasta gigi tidak direkomendasikan untuk mengobati jerawat. Ada banyak kandungan lainnya yang dapat mengiritasi jerawat, menyebabkan jerawat menjadi semakin merah dan meradang. Gunakan produk dengan kandungan yang terbukti mengatasi jerawat seperti benzoyl peroxide dan asam salisilat.
  3. Make up bisa memperparah jerawat
    Memang benar beberapa produk dapat menyumbat pori-pori kamu dan menyebabkan jerawat, tapi bukan berarti kamu harus membuang makeup pouch kamu. Kamu bisa memilih produk yang mengandung titanium dioksida, silika, dan seng oksida. Menurut Mona Gohara, MD, associate clinical professorof dermatology dari Yale School of Medicine, sebaiknya kamu juga memastikan kalau sebuah produk likuid memiliki label non-comedogenic. “Artinya, produk tersebut telah mencapai standar perusahaan dan tidak mempromosikan jerawat,” jelasnya.
  4. Coklat bisa menyebabkan jerawat
    Mitos pengaruh coklat terhadap jerawat masih kontroversial. Sebuah studi laboratorium baru-baru ini menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat saat muncul jerawat dapat memicu pelepasan zat kimia yang meningkat yang menyebabkan peradangan. Tapi kaitannya tetap lemah dan mungkin juga bukan kandungan pada coklat yang mengakibatkan kondisi tersebut melainkan komposisi lain, misalnya susu sapi. Susu sapi diketahui mengandung hormon, dan gula.
  5. Tidak boleh pakai pelembab
    Rasanya salah untuk mengoleskan pelembab di atas wajah yang berminyak, tapi hal ini justru bisa membantu kamu. Dengan melembabkan wajah, kulit kamu terhidrasi dan tidak akan memproduksi minyak berlebihan. Seperti saran Dr. Mona, pastikan produk kamu memiliki label non-comedogenic ya.
  6. Memencet jerawat menimbulkan jerawat baru
    Jika ada jerawat di wajah, biasanya kamu ingin memencetnya agar segera hilang. Sebenarnya memencet jerawat justru akan mengakibatkan peradangan bertambah buruk, jerawat menyebar ke daerah sekitar, bahkan penyembuhannya tertunda. Sebaiknya, rawatlah jerawat dengan memberikan salep, krim, atau gel perawatan khusus jerawat untuk membantu mengurangi peradangan yang timbul. Carilah produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat, karena kandungan tersebut sangat efektif mengobati jerawat.
  7. Jerawat bisa sembuh sendiri
    Mungkinkah jerawat hilang dengan sendirinya, jika kamu tidak merawat kulitmu? Jerawat disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat, yang biasanya disebabkan oleh minyak alami pada kulit. Terlebih lagi, jika pori-pori tersebut tersumbat, maka bakteri alami kulit dapat menyebabkan peradangan dan bisa memperburuk keadaan. Jadi, kulit yang berjerawat harus diberi perawatan tepat, agar tidak menjadi semakin parah dan tidak kambuh lagi.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment