Loading Posts...

Assalamualaikum temen temen- temen. kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menentukan memilih universitas negeri atau swasta.

Bagi temen-temen yang sudah selesai sekolah menengah atas ( SMA/ SMK). Yes Selamat yaah udah lulusan dan udah enggak putih abu- abu lagi. Saatnya bebas dari aturan-aturan sekolah yang harus pake seragam yang sama setiap hari dan sepanjang tahun.

Eeeiiits…! Tapi tunggu dulu karena perjuangan menuntut ilmu tidak hanya sampai disini, seperti kata bijak yaitu tuntutlah ilmu sampai kamu keliang lahat. pasti dong temen-temen setuju dengan pepatah ini. Termasuk saya sendiri,, setujuuuuuu…! karena sudah barang tentu kita semua pasti memiliki cita- cita dari temen-temen masi TK sampai tinggkat sekolah menengah atas, kita sudah sering berbicara mengenai cita – cita.

Meski pada kenyataanya pasti ada yang memiliki cita- cita yang berubah-ubah dan ada pula yang masi tetap konsisten. Itu wajar ya temen-temen karena tuntutan zaman yaa.. nah sekarang…! ingat temen-temen SEKARANG kita kan uda lulusan alias TAMAT. Tentunya sudah saatnya berpikir konsisten dan serius demi masa depan dan cita- cita kita untuk itu berpikirlah untuk melanjutkan study ke jenjang lebih tinggi lagi Yaitu jenjang universitas.

Agar kita mampu bertahan dalam era globalisasi dan modrennisasi, yang telah jelas terlihat tinggat mobilitasnya yang sangat tinggi. Untuk itu mau tidak mau kita harus mampu mengikuti arus perkembangan zaman yang sesuai dengan tujuan bangsa kita yaitu memiliki generasi emas di masa yang akan datang.

Untuk itu bagi kalian yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi pastinya bingung ya mau masuk Universitas negeri atau universitas swasta.

Sebenarnya, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan dari masing-masing. berikut saya akan memaparkan sedikit agar temen-temen dapat memilih mana yang menurut temen- temen yang akan di pilih nantinya.

Tidak dipungkiri Uversitas negeri merupakan universitas yang sangat banyak di minati oleh pelajar indonesia karena popularitasnya.banyak kalangan yang beranggapan selama ini bahwa jika lolos masuk universitas negeri merupakan kebanggaan karena dianggap pintar. karena untuk masuk ke uversitas ini perlu melalui test. Seperti, SMPTN, SBMPTN maupun jalur undangan.

sehingga jika secara pengetahuan IQ kita rendah maka akan sulit untuk lulus karena pesaing begitu banyak. Sehingga seleksi begitu ketat. Selain itu universitas negeri dianggap lebih murah karena mendapat subsidi dari pemerintah. Sehingga peluang untuk mendapakan beasiswa juga sangat luas. Dan bahkan pasilitas juga dianggap lebih lengkap dan memiliki staf pengajar yang berkwalitas.

Berikut kelebihan universitas negeri:

1. Dianggap lebih cesdas secara akademik

2. Mudah mendapat beasiswa

3. Biaya kuliyah lebih murah

4. Pasilitas terjamin

5. Staf pengajar yang berkwalitas

Sementara itu universitas swasta juga tidak kalah saing. hal ini dapat terlihat dari peminat yang lumayan signifikan karena dianggap lebih mudah untuk masuk tanpa seleksi yang ribet dan bebas dari saingan sana dan sini. Kemudian memiliki bangunan yang modern dan pasilitas yang elit dan memiliki bidang study yang establish bisnis, sehingga lulusan akan mudah dalam mencari pekerjaan karena alumni dianggap siap kerja temen- temen.

Selain itu jam kuliah juga lebih fleksibel karena ada jam kuliyah pagi hari, siang hari ,dan malam hari, jadi para mahasiswa yang memiliki profesi pekerjaan apapun bisa kuliyah sambil bekerja ya temen-temen.Sehingga ilmu yang sedang kita pelajari bisa langsung diterapkan.

Waaaaaah,,,,tidak kalah menarik kan temen- temen.

Berikut kelebihan universitas swasta:

1. Bidang study establish bisnis

2. Bisa Bekerja sambil kuliyah

3. Jam mata kuliah lebih fleksibel

4. Perhatian dosen lebih terasa

5. Pasilitas kelas lebih elit

Jadi bagi temen- teman silahkan untuk memilih mana yang menurut temen-temen lebih baik. Yang jelas kesuksesan tidak terletak pada almamater mana yang kita punya melainkan dari kesungguhan dalam menuntut ilmu, jika kita bersungguh- sungguh dari mana pun asal alumni kita pasti kesuksesan akan mudah kita raih.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment