Loading Posts...

Manfaat Konsumsi Buah Tiap Hari

Tak dapat dipungkiri, buah-buahan menawarkan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Rutin makan buah setiap hari bisa menjauhkan kamu dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, membuat badan lebih bugar, hingga membantu kamu dalam mengendalikan berat badan. Oleh karena itu, tak heran jika Kementerian Kesehatan RI lewat Pedoman Gizi Seimbangnya mewanti-wanti masyarakat untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan demi mendukung gaya hidup sehat. Adapun manfaat mengkonsumsi buah setiap hari yaitu:

  1. Mencegah Penyakit Jantung
    Salah satu alasan bagi kamu untuk makan buah-buahan setiap hari adalah mencegah penyakit jantung kronis. Buah-buahan yang rendah kalori merupakan sumber vitamin dan mineral. Lagipula, buah-buahan mengandung anti oksidan dan folat yang membantu menurunkan tekanan darah. Apel, jeruk, dan pisang merupakan buah super yang membuat jantung kamu agar selalu sehat.
  2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Buah-buahan tertentu memiliki kombinasi besar antara vitamin C, vitamin A, dan berbagai jenis karotenoid, yang meningkatkan daya kekebalan tubuh. Buah-buahan seperti mangga adalah contoh terbaik dalam hal ini. Apabila kekebalan tubuh kamu lemah, mulai sekarang jadikan buah-buahan sebagai makanan yang wajib disantap setiap hari.
  3. Melancarkan Pencernaan
    Penelitian pernah membuktikan bahwa konsumsi buah-buahan utuh mampu menjaga berat badan seseorang tetap seimbang. Contohnya saja buah blueberry. Meskipun hanya dimakan seminggu sekali, menikmati blueberry segar dari pada kue atau jus buah tersebut mampu memotong 20 ribu kalori dalam setahun.
  4. Menurunkan Tekanan Darah
    Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang makan buah lebih sering memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Terlebih lagi, mereka menemukan bahwa dibandingkan dengan orang yang tidak pernah makan buah, mereka yang makan buah setiap hari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular antara 25% dan 40%. Rincian penurunan risiko yaitu: Sekitar 15% penurunan risiko penyakit jantung, sekitar 25% penurunan risiko stroke iskemik (kerusakan yang terjadi disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah di otak), sekitar 40% penurunan risiko stroke hemoragik (kerusakan yang terjadi disebabkan oleh perdarahan dari pembuluh darah). Semakin banyak buah yang dimakan, semakin rendah risiko penyakit kardiovaskular, kata para peneliti tersebut yang diterbitkan dalam jurnal European Heart.
  5. Menyehatkan Kulit
    Bila kamu mengganti snack kemasan, permen, es krim dan berbagai cemilan manis kamu dengan buah, sebenarnya kamu sedang berinvestasi untuk kulit. Kandungan gula dalam buah bisa membuat kulit kamu berkilau dan kencang dibanding snack manis di pertokoan.
  6. Melindungi Kesehatan
    Mengonsumsi buah setiap hari dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu meningkatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang dan gigi.
  7. Mencegah Kanker
    Buah juga mampu mencegah serta mengobati penyakit kanker. Terapi dengan cara diet jus buah serta sayuran yang memang telah terprogram dapat mengobati penyakit kanker serta berbagai macam penyakit lainnya. Buah-buahan yang memiliki warna merah dan ungu seperti tomat, stroberi, anggur dan buah-buahan lainnya memiliki kandungan lycopene dan anthocyanins yang memiliki khasiat untuk mengatasi kanker.

Nah, kamu sudah tau kan besarnya manfaat buah yang bisa didapatkan oleh tubuh, jangan ragu untuk makan buah mulai dari sekarang. Tidak ada waktu terbaik untuk makan buah. kamu bisa mengonsumsi buah kapan saja: pagi, siang, malam, sebelum atau sesudah makan, juga sebelum dan setelah olahraga. Tubuh kamu akan diuntungkan oleh hobi baru ini. Namun ingat, manfaat buah paling baik jika langsung dimakan dalam bentuk utuh saat masih segar.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment