Loading Posts...

Lakukan Kegiatan Ini Untuk Mengatasi Ngantuk Di Pagi Hari

  1. Langsung Bangun
    Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari adalah segeralah bangun begitu alarm kamu berbunyi. Jangan tekan snooze lalu memperpanjang tidur 5 menit lagi. Hal ini hanya akan membuat kamu semakin malas untuk bangun. Sama seperti kurang tidur tidak baik, begitu juga bila kebanyakan tidur. Para ahli menjumpai terlalu banyak tidur menyebabkan sakit kepala dan depresi.
  2. Mencuci Muka
    Saat mengantuk, ada kalanya membasuh wajah adalah cara sederhana yang terbaik. Rasa ngantuk dapat hilang berkat perubahan drastis suhu tubuh setelah dibasuh pada bagian wajah. Bahkan setelah membasuh wajah, kamu dijamin akan lebih segar sekaligus fokus dalam belajar atau bekerja.
  3. Minum Air Putih
    Agar dapat menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari, kamu perlu mencoba membiasakan diri meminum air putih segelas setiap setelah bangun tidur. Semalaman kita tidur, cairan tubuh bakal terkuras dan untuk dapat mengembalikan kadarnya lagi, maka kamu butuh meminum air putih. Air putih dingin sangat dianjurkan sebab memang jauh lebih ampuh menyegarkan tubuh ketimbang hangat. Tapi kalau kamu merasa lebih nyaman dengan air hangat pun tak masalah jika minum 1 gelas setiap pagi.
  4. Berjemur
    Berjemur adalah cara yang alami dan tepat memang bagi kamu yang ingin mendapatkan asupan lebih akan vitamin D. Namun selain dapat memperoleh vitamin D tinggi, kamu juga bisa menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari dengan berjemur. Sinar matahari pagi yang terbit jam 6-9 pagi memberikan banyak manfaat yang terbaik supaya aliran darah semakin lancar berikut juga agar tulang lebih kuat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Liege, mereka yang terbiasa bangun pagi dan terpapar sinar matahari, umumnya memiliki sirkulasi darah yang lancar dan mudah berkonsentrasi. Kamu juga merasa lebih bugar dan membuat waktu tidur lebih proporsional.
  5. Sarapan
    Sarapan yang dilakukan 30 menit setelah bangun tidur tak hanya mampu meregulasi waktu tidur, tapi juga ritme sirkadian. Saat kamu sarapan pagi pilihlah menu yang sehat juga. Hindari makanan tinggi karbohidrat atau kopi di pagi hari agar energi tidak mengalami defisit di siang hari.
  6. Pijatan Ringan
    Menurut penelitian University of Michigan, lakukan pijatan ringan di area pelipis untuk meningkatkan stamina tubuh dan membuat kita tetap terjaga setelah tidur malam. Ada lima titik pijat yang bisa kamu lakukan untuk menstimulasi tubuh agar tidak cepat mengantuk, yaitu bagian puncak kepala, bagian antara ibu jari dan telunjuk, area sebelah kanan di bawah pusat tempurung lutut, di bawah mata kaki, dan di pangkal leher.
  7. Olahraga Pagi
    Untuk mengurangi ngantuk berat yang kamu alami juga bisa dengan melakukan olahraga pagi. Tak semua orang bisa melakukan olahraga pagi, apalagi jika tempat kerja atau sekolah sangat jauh dari rumah. Olahraga pagi dianggap hanya membuang waktu saja. Akan tetapi faktanya olahraga pagi memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah melancarkan sirkulasi darah. Jika peredaran darah lancar dan oksigen di otak terpenuhi, maka kamu tidak akan merasa ngantuk di pagi hari.
  8. Jangan Begadang
    Cara terakhir untuk mengatasai ngantuk adalah menghindari begadang. Apabila tidak ada hal mendesak yang harus dikerjakan di malam hari, maka segeralah tidur. Sebaiknya kamu memulai tidur sebelum jam sepuluh malam. Dengan demikian kamu akan mendapat waktu istirahat yang cukup. Jika kebutuhan tidur kamu cukup maka tidak ada lagi yang namanya ngantuk berat di pagi hari.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment