Loading Posts...

Lakukan Kebiasaan ini Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

  1. Perbanyak Minum Air Putih
    Metabolisme tubuhmu dapat naik kalau kamu rajin minum air putih. Mulailah dengan minum air putih 1-2 gelas setiap pagi sebelum memulai aktivitasmu. Air putih juga mampu menahan keinginanmu untuk ngemil. Kamu bisa bawa botol air dalam tas setiap bepergian agar kamu selalu bisa minum air putih.
  2. Tidur yang Cukup
    Menurut American Psychological Association, kekurangan tidur dapat menaikkan level stres, melemahkan sistem imun, dan menaikkan berat badan. Bagaimana bisa? Saat kurang tidur, hormon stres kortisol akan meninggi, dan cara tubuh menurunkan kortisol adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya lemak dan karbohidrat. Maka dari itu, dapatkan 7 jam tidur setiap malam untuk menjaga tubuh agar tetap fit.
  3. Hindari Makan Sambil Bekerja
    Kamu suka makan sambil bekerja? Segera hentikan kebiasaan itu. Kebiasaan tidak fokus saat makan ini bisa membuat kamu makan secara berlebihan. Singkirkan laptopmu sejenak, matikan televisi dan gadgetmu untuk sementara dan duduklah di meja makan! Dengan begitu kamu akan sadar dengan porsi makanan yang kamu habiskan.
  4. Jalan Kaki
    Biasakan kamu sering berjalan kaki. Kamu juga bisa mengusahakan jalan kaki 10 ribu langkah setiap hari. Hindari naik eskalator dan lift, kamu bisa memilih tangga. Kemudian jika bepergian kamu bisa menggunakan kendaraan umum saja karena itu akan membuatmu lebih banyak berjalan daripada kendaraan pribadi. Namun jika jarak tempat yang kamu tuju tidak terlalu jauh maka usahakan untuk jalan kaki saja tanpa menggunakan kendaraan.
  5. Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak
    Apa kamu tau konsumsi minyak berlebih bisa menambah ratusan kalori ke dalam tubuhmu. Minyak kelapa dan olive oil memang lebih sehat tetapi kandungan kalorinya sam saja. Makan dari itu kurangi makanan berminyak kalau kamu ingin menurunkan berat badan secara efektif.
  6. Menjaga Rutinitas Pola Makan
    Ini artinya kamu memiliki waktu makan yang sama disetiap harinya. Agar sukses menurunkan berat badan jangka panjang kamu harus memiliki ritme pola makan yang sama. Tentu saja kamu juga harus menghindari kebiasaan ngemil dalam menjalaninya. Pola makan yang konsisten selama beberapa minggu dan tahun juga bisa memprediksi penurunan berat badan rutin dalam jangka panjang.
  7. Konsumsi Cemilan Sehat
    Biasakan konsumsi cemilan sehat mulai dari sekarang. Kamu bisa ganti cemilanmu dari keripik dan biskuit menjadi buah-buahan segar. Jika keluar rumah kamu juga bisa membawa buah-buahan sebagai cemilan untuk menghindari cemilan yang tidak sehat. Kupaslah buah apel dan letakkan di wadah kotak makan siang dan simpan dalam tasmu, disaat lapar dan ingin ngemil kamu bisa makan buah apel tersebut. Kalau itu terlalu repot kamu bisa bawa buah pisang, kamu tidak perlu repot-repot kupas dengan pisau dan tidak perlu wadah untuk menyimpannya.
  8. Jangan Melewatkan Sarapan
    Apakah kamu sering melewatkan sarapan? Sarapan sangat penting dilakukan sebelum beraktivitas sehari-hari. Jika pada pagi hari perutmu dalam keadaan kosong maka kamu akan makan lebih banyak pada siang hari. Melewatkan sarapan juga membuatmu ingin mengganjal perut karena belum waktunya makan siang. Kamu akan cenderung mengisi perut dengan makanan seadanya dengan memilih cemilan yang tidak sehat seperti mie instan atau gorengan. Kebiasaan ini tidak baik kamu lakukan. Untuk menghindarinya kamu bisa luangkan waktu sedikit untuk sarapan. Jika kamu tidak sempat menyiapkan sarapan pada pagi hari maka kamu biasa menyiapkan sarapan pada malam harinya. Sarapan lezat dan bernutrisi seperti overnight oat.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment