Loading Posts...

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Untuk Melatih Otak Kiri

Pernahkah kamu mendengar bahwa orang yang cerdas cenderung lebih menggunakan otak kiri dibandingkan dengan otak kanan? Pasti pernah dong, entah itu dari media cetak maupun media elektronik sering ditemukan pernyatan ini. Dalam kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas tentang benar atau tidaknya pernyataan ini. Menurut teori yang berkembang di masyarakat yaitu teori dominasi otak kanan dan otak kiri menyebutkan bahwa masing-masing dari dua bagian otak tersebut mengontrol berbagai jenis kemampuan yang berbeda. Seperti orang yang lebih dominan otak kirinya memiliki kelebihan dalam kemampuan penilaian logika dan analisa, sedangkan orang yang dominan otak kanan akan lebih baik dalam interaksi dan komunikasi sosial. Berikut ini adalah fungsi dari otak kiri yaitu:

  • Mengatur Tubuh Bagian Kanan
  • Kemampuan Logika
  • Kemampuan Analisa
  • Kemampuan Obyektifitas
  • Kemampuan Menulis
  • Kemampuan Membaca
  • Perkembangan Intelligence Quotient (IQ)

Nah, berikutnya adalah cara atau kegiatan yang bisa  kamulakukan untuk melatih kemampuan otak kiri kamu :

  1. Main Puzzle
    Bermain game adalah salah satu cara untuk melatih otak. Kamu bisa mengisi teka-teki silang (TTS), bermain jigsaw, atau main puzzle yang dapat mengasak otak kiri kamu dengan cara yang menyenangkan. Kamu juga bisa bermain scrabble, yang membantu kamu untuk bermain membangun kosakata dan juga meningkatkan keterampilan mengolah kata-kata.
  2. Belajar Bahasa Baru
    Tambahlah kosa kata baru setiap hari. Pelajari kata-kata baru, bisa berasal dari kamus maupun buku-buku yang dibaca. Kalau kamu bosan baca buku, kamu bisa menambah kosa kata baru dari lagu atau film. Hal ini bisa menjadi sarana latihan bagi otak, dan meningkatkan sisi pengetahuan berbahasa. Belajar bahasa baru akan melatih kemampuan otak dalam menyimpan informasi baru. Bentuk latihan semacam ini akan menjaga kesehatan otak. Dan siapa tahu, kebiasaan mempelajari bahasa dan kosa kata ini bermanfaat sebagai pendukung kamu dalam mencari pekerjaan di masa depan.
  3. Rajin Menulis
    Membiasakan diri untuk menulis sangat bemanfaat untuk melatih otak kiri. Kamu bisa menulis hal-hal sederhana di buku harian, atau juga menulis di blog. Yang perlu dilakukan adalah menemukan sebuah topik yang diminati, lalu tuangkan isi hati untuk menulis secara bebas. Saat menulis, kamu akan lebih banyak berpikir. Jika masih bingung, mulailah menulis kegiatan sehari-hari atau sesuatu yang berkaitan dengan hobi. Buat tulisan yang sederhana saja sebagai langkah awal. Hingga kemudian menulis sesuatu yang lebih kompleks.
  4. Memecahkan Masalah
    Sering menyelesaikan berbagai masalah akan sangat melatih otak kamu. Apabila kamu selama ini selalu saja menghindar dari masalah, maka ubahlah sekarang. Mulailah menerapkan pada diri sendiri untuk menghadapi berbagai masalah yang datang. Hal ini sangat baik, daripada terus lari dari masalah. Menghadapi masalah bukan berarti mencari-cari masalah. Ingat, itu berbeda sama sekali. Menyelesaikan masalah tidak selalu dirundung situasi yang tidak mengenakkan, justru menyelesaikan masalah akan sangat menyenangkan. Tergantung cara kamu berpikir, untuk itu terapkanlah untuk selalu berpikir positif.
  5. Pelajari Hal Baru
    Bila kolom politik di surat kabar biasanya kamu lewati, kini cobalah untuk membaca beritanya. Atau, jika di televisi ada topik tentang literatur, sejarah, maupun investasi yang biasanya tidak kamu tonton, mulailah untuk menikmati acara tersebut. Kebanyakan orang mengekspos dirinya pada hal-hal yang mereka sukai, karena itu ide-ide mereka tak pernah berkembang. Padahal, variasi dari berbagai macam topik di memori yang menyebabkan kamu dapat berpikir secara logis dan mampu menganalisis secara cepat.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment