Loading Posts...

Kamu Susah Tidur? Begini Mengatasinya

  1. Membaca Buku
    Kita memang tidak bisa menyuruh otak berhenti berpikir, tapi bisa mengalihkannya dengan fokus pada sesuatu yang netral, misalnya dengan membaca buku. Menurut O’Donovan, agar otak tenang, jangan membaca buku digital atau buku yang membuatmu terlalu keasyikan sehingga otak menjadi segar. Batasi waktu membaca di tempat tidur selama 20 hingga 30 menit. Jika kamu masih terbangun, maka beranjak ah dari tempat tidur dan baca di tempat lain hingga kamu merasa siap untuk tidur.
  2. Kurangi Konsumsi Kafein
    Ada beberapa kandungan asupan yang perlu dihindari agar kamu tidak terserang insomnia. Beberapa di antaranya adalah minuman yang mengandung kafein dan alkohol serta nikotin. Minuman berkafein seperti kopi, minuman keras beralkohol dan rokok yang mengandung nikotin dapat memberikan efek stimulan yang membuat badan tetap terjaga. Selain itu efek samping dari alkohol adalah membuat kamu terbangun di malam hari dan mejadi sulit tidur kembali.
  3. Coba Teknik Pernapasan
    Teknik pernafasan ini bisa dicoba. Ada teknik pernafasan yang disebut 4-7-8 teknik yang membantu untuk tidur lebih cepat. Yang harus dilakukan adalah untuk pertama bernapas dalam melalui hidung selama 4 detik, kemudian tahan napas selama 7 detik, dan kemudian meniup udara keluar dari mulut kamu selama 8 detik. Kamu akan segera jatuh tertidur dalam waktu kurang dari 15 detik, setelah mengulangi metode ini tiga kali.
  4. Jauhkan Diri dari Gadget
    Tidak memegang gadget saat akan tidur merupakan salah satu tips untuk mengatasi susah tidur terutama untuk bermain game atau mengecek sosial media. Bermain game sebelum tidur dapat membuat otak kamu bekerja untuk semakin fokus dan konsentrasi. Tentu hal ini dapat membuat badan kurang rileks saat akan tidur. Pun dengan mengecek sosial media atau email dapat membuat kondisi psikologis kamu menjadi tidak santai. Cenderung menambah pikiran-pikiran tertentu yang semakin menyulitkan tidur. Selain itu alat elektronik, baik hp maupun komputer, dapat memancarkan cahaya buatan yang akan memberikan sinyal pada otak agar tetap terjaga. Tak hanya perangkat elektronik, kamu juga perlu memindahkan jam analog dari dalam kamar karena suara detiknya dapat mengganggu tidur kamu.
  5. Konsumsi Buah Pisang
    Untuk mengatasi susah tidur kamu juga bisa dengan mengakonsumsi buah pisang. Pisang mengandung melatonin dan triptophan (yang diubah menjadi serotonin) yang dapat membuat kamu tertidur. Buah ini juga mengandung magnesium yang membantu kamu meredakan ketegangan fisik.
  6. Minum Susu
    Susu juga dapat dikonsumsi ketika kamu susah tidur. Meminum sesuatu yang hangat dapat membuat perasaan nyaman seketika. Susu adalah salah satu yang disarankan. beberapa senyawa yang terkandung didalamnya seperti Triptofan dan Melatonin, dapat membuat perasaan lebih rileks dan nyaman. Senyawa-senyawa ini juga dipercaya dapat merangsang datangnya rasa kantuk secara alami.
  7. Teh Camomile
    Apakah kamu suka ngopi di sore hari? Sebaiknya, ganti kebiasaan itu dengan secangkir teh camomile. Meminum teh herbal ini akan membantu kamu untuk tidur lebih cepat karena terdapat senyawa glycine yang membantu mengendurkan saraf dan otot.
  8. Meredupkan Lampu Kamar
    Berbagai sumber menyatakan bahwa sulit tidur berkaitan erat dengan sistem pencahayaan di dalam ruangan. Cahaya yang terang mempengaruhi otak agar tidak berhenti bekerja. Akibatnya otak tidak akan berhenti memikirkan berbagai hal hingga mengganggu ketenangan dalam tubuh. Tubuh menjadi susah rileks sehingga tidur pun menjadi sulit. Cobalah untuk mematikan lampu kamar jika sebelumnya kamu tidur dengan keadaan lampu menyala. Jika mungkin kamu belum terbiasa atau merasa takut pada suasana kamar yang gelap, membeli sebuah lampu tidur bisa menjadi pilihan. Lampu tidur sudah didesain sedemikian rupa sehingga kamu bisa mendapatkan tingkat pencahayaan yang sesuai dengan keinginan dan kenyamanan kamu.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment