Loading Posts...

Kamu Mudah Lelah? Coba Makan Ini

  1. Daging Sapi
    Daging sapi tanpa lemak adalah sumber utama zat besi dan mencegah terjadinya kelelahan karena anemia. “Tubuh menggunakan zat besi untuk mempertahankan oksigen dalam darah dan mengangkutnya ke jaringan tubuh. Pada tingkat sel, zat besi digunakan untuk menghasilkan energi,” kata Goldstein. Satu porsi daging sapi mengandung sekitar 12 persen kebutuhan harian kita.
  2. Nasi dan Roti
    Nasi dan roti mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, sehingga gula darah akan naik secara cepat sehingga kamu menjadi bersemangat. Namun, gula darah yang tinggi tersebut akan kembali turun secara cepat juga. Menurunnya kadar gula mendadak inilah yang membuat kamu menjadi lelah dan mengantuk. Untuk mengantisipasi hal ini, cobalah konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang dan roti gandum.
  3. Telur
    Telur adalah sumber energi yang baik, karena mengandung zat besi, zinc, dan banyak protein. Sebuah penelitian ditahun 2009 menemukan bahwa protein tidak hanya membantu membangun otot dan membuat kamu tetap kenyang, namun juga memasok energi yang berkelanjutan. 6 gram protein dalam telur membantu menjaga kadar gula darah dan mencakup asam amino leusin, yang merupakan bagian penting dari sintesis protein yang merupakan faktor pertumbuhan dan pemulihan otot. Sementara itu, vitamin B membantu produksi energi di dalam tubuh.
  4. Kentang
    Kentang terbaik yang baik untuk menjaga kesehatan dan memulihkan energi kamu adalah kentang dengan kulit berwarna merah atau keunguan. Kentang tersebut memiliki zat phytonutrient sebanyak brokoli dan mengandung berbagai vitamin. Zat lain yang ada dalam kentang yaitu asam folat, iodin dan kukoamine yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Menyantap kentang panggang atau kentang kukus bisa menjadi pilihan yang sehat.
  5. Gandum
    Karbohidrat merupakan bahan bakar untuk otal. Kandungan karbohidrat kompleks didalam gandum utuh dapat meningkatkan energi tubuh kamu secara bertahap. Gandum utuh juga dapat mempertahankan kadar gula darah tanpa meningkatkan gula darah secara signifikan. Salah satu pilihan pengganti gandum utuh adalah oatmeals.
  6. Bayam
    Sayuran hijau kesukaan Popeye ini mengandung vitamin C yang tinggi. Bayam juga bisa membantu meningkatkan kolagen yang menjaga kulit halus dan bebas dari garis kerutan halus. Sebagai antioksidan, vitamin C juga akan membantu melawan radikal bebas. Selain bayam, sayuran lain yang mengandung banyak air, misalnya kale akan membantu melembapkan dan menghidrasi kulit. Kale juga berguna untuk menambah asupan energi ke tubuh. Protein, serat dan kandungan antioksidannya yang tinggi membuat tubuh jadi bersemangat.
  7. Buah
    Beberapa buah akan membantu meningkatkan jumlah energi dalam tubuh. Alpukat misalnya. Buah ini mengandung asam lemak yang menghindari peradangan yang berhubungan dengan stamina tubuh. Buah lainnya adalah bluberri. Buah hitam kecil ini merupakan buah yang kaya antioksidan. Antioksidannya akan menghambat radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan kelelahan. Karbohidrat sehat akan membantu menembalikan energi tubuh tanpa menambah jumlah gula tinggi dalam tubuh. Buah lainnya, Goji berri berguna untuk meningkatkan aliran darah dan juga kewaspadaan tubuh.
  8. Ginseng
    Kita semua tahu begitu banyak manfaat ginseng. Kandungan antioksidan dalam ginseng membantu tubuh untuk tetap fit dan kuat sehingga terhindar dari lelah. Minum tiga gelas ginseng setiap hari untuk menjaga stamina tubuh kamu.
  9. Rumput Laut
    Rumput laut mengandung yodium dan mineral penghasil energi. Yodium membantu menciptakan energi melalui reaksi biokimia dan memaksimalkan hormon tiroid. Agar stamina kita terjaga, cobalah untuk mengonsumsi rumput laut sebagai camilan harian kamu.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment