Loading Posts...

Kamu Kurang Percaya Diri? Coba Cara Ini

  1. Berpikir Positif
    Berlatihlah menjadi orang yang selalu berfikir positif, memang sedikit sulit. Tapi menjadi orang dengan pikiran negatif justru tidak mendatangkan manfaat apapun untukmu. Pikiran negatif juga memerlukan ekstra energi yang mampu menguras mood kamu. Orang dengan pikiran negatif hidupnya cenderung tidak nyaman dan selalu memiliki kekhawatiran. Sedangkan orang dengan pikiran positif dapat hidup dengan tenang dan damai, karena baginya semua hal atau kejadian pasti ada tujuan baiiknya dan manfaat baik. Dengan memiliki pikiran yang positif, kamu bisa menjadi lebih tenang dalam mempersiapkan hari- hari kamu, selain itu juga menjadi lebih siap terhadap apapun yang akan terjadi.
  2. Bersyukur
    Bersyukur atas segala yang telah kamu miliki adalah cara meningkatkan kepercayaan diri yang ampuh. Termasuk penampilan fisik. Bersyukurlah jika kamu dilengkapi dengan 5 panca indera yang lengkap. Ada banyak orang yang masih kurang secara fisik, namun mereka mampu untuk berkarya. Seandainya kamu punya cacat fisik pun tetaplah bersyukur, karena dibalik kekurangan pasti ada kelebihan yang Tuhan tanam.
  3. Perhatikan Penampilanmu
    Terkadang, rasa kurang diri disebabkan oleh penampilan. Oleh karena itu, untuk membangun rasa percaya diri kamu, perbaiki penampilan kamu. Sebagai contoh, jika kamu seorang laki-laki yang akan bertemu wanita, tata rambut kamu dengan rapi, misalnya dengan menggunakan jelly. Jika diperlukan, pergi ke salon untuk mencukur atau merapikan rambut kamu. Tidak hanya berhenti di rambut. Kamu bisa juga mewangikan tubuh kamu dengan menggunakan deodoran atau parfum. Selain itu, gunakan juga baju yang rapi dan pakai ikat pinggang agar celana kamu tidak kedodoran.
  4. Kominukasi dengan Orang Terdekat
    Kalau kamu memang mencemaskan atau mengkhawatirkan sesuatu, jangan ragu untuk mengungkapkannya kepada orang lain yang kamu percaya. Seperti sahabat, keluarga atau pacar misalnya. Dengan melakukan hal ini, kamu akan mendapat dukungan moral dari mereka, lebih-lebih kamu juga akan mendapat masukan berguna yang ampuh meningkatkan rasa percaya dirimu.
  5. Persiapkan Diri dengan Baik
    Susah rasanya untuk mendapatkan rasa percaya diri kalau kamu tidak mempersiapkan diri dengan baik. Seakan, kamu menyerahkan dirimu begitu saja untuk mengalami kegagalan dan akibatnya, rasa percaya dirimu malah semakin menurun. Maka dari itu, demi mendapatkan kepercayaan diri, penting bagimu untuk mempersiapkan diri dengan baik. Misalnya, 2 hari lagi kamu akan menghadapi Ujian Tengah Semester. Kalau kamu tidak belajar, kamu akan merasa grogi saat mengerjakan dan cemas berkepanjangan saat menunggu hasilnya. Tapi kalau kamu belajar secara tekun, kamu akan memiliki rasa percaya diri lebih untuk menyelesaikan seluruh soal dengan lancar. Materi ujiannya sudah dipahami dan dikuasai. Tidak perlu grogi lagi melihat soal, apapun bentuk dan pertanyaannya.
  6. Temukan Bakat yang Kamu Miliki
    Pernahkah kamu merasa minder dengan diri sendiri ? Jika iya, jangan dibiasakan yang justru akan membuat dirimu menjadi terpuruk. Karena setiap manusia memiliki kemampuan. Kamu harus percaya bahwa kamu mempunyai kemampuan yang mungkin tidak sadari. Kemampuan yang kamu miliki bisa berawal dari hobi. Misalnya kamu hobi olahraga voli, kembangkan hobi sebaik mungkin dengan selalu berlatih setiap hari dan menjaga gaya hidup yang sehat. Seiring berjalannya waktu kamu pun bisa menjadi atlet voli sesungguhnya. Atau mungkin bisa juga dengan melakukan hal kecil misalnya kamu ingin sekali membelikan hadiah untuk orang tua, maka kamu harus bekerja dengan giat dan rajin menabung agar bisa mewujudkan impian tersebut. Saat kamu berhasil mewujudkannya, pasti di dalam hati anda sangat senang dan menyadari bahwa suatu pencapaian itu butuh proses dan tidak bisa instan. Sehingga kamu bisa siap untuk menghadapi tantangan dan meraih keberhasilan asal selalu berusaha dan berdoa.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment