Loading Posts...

Kamu Ekstrovert? Ini Jurusan yang Cocok Untukmu

Apakah kamu seorang extrovert?

Berbeda dengan mereka yang berkepribadian introvert, ektrovert adalah kebalikanya. Ekstrovet adalah orang-orang yang suka berbicara dan ekspresif . Mereka suka berteman dan cenderung aktif mengajak lawan bicaranya ngobrol terlebih dahulu. Mereka juga adalah orang-orang yang suka menghabiskan waktu bersama orang lain. Mereka akan cepat merasa bosan dan merasa kesepian jika sendiri. Itu mengapa mereka menyukai kegiatan dengan komunitas besar atau banyak orang.

Ini dia ciri-ciri kepribadian Extrovert

  • Mudah bergaul
  • Senang berinteraksi
  • Antusias dan semangat
  • Senang menjadi pusat perhatian
  • Tidak suka sendirian
  • Percaya diri
  • Aktif Berbicara
  • Terkesan tegas
  • Seorang petualang

Kalau seorang extrovert adalah pribadi yang dinamis dan suka sekali berintarksi mereka pasti menyukai jurusan-jurusan ini :

  1. Hukum
    Menjadi seorang pengacara nampaknya menarik untuk seorang extrovert. Talkative dan kecakapan mereka dalam mendekati orang lain akan sangat bermanfaat. Seperti yang kita tahu, pengacara atau pekerja hukum juga harus mempunyai keahlian tersebut. Seorang pengacara harus mempunyai kepercayaan tinggi berbicara di depan pengadilan. Mereka juga ditantang untuk memberikan respon secara cepat dan akurat. Di balik itu, mereka harus mencari bukti dan saksi. Rasanya, pekerjaan untuk mencari sebuah bukti dan mencari kebenaran akan sangat sulit jika kita tidak mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.
  2. Publik Relation
    Secara umum dari namanya sudah tergambar apa yang akan dipelajari dalam jurusan Public Relation, yakni sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana caranya berhubungan secara sosial dan membangun image yang positif. Dan tentu ini sangat sesuai dengan kamu para ekstrovert yang memang lebih suka berinteraksi secara sosial. Jurusan ini menuntut kamu untuk bisa berpikir secara kreatif dan kritis serta pandai dalam mengkoordinir sesuatu kegiatan juga memiliki kecakapan baik secara verbal maupun lisan. Sehingga sayang bila kamu melewatkan kesempatan belajar di jurusan ini karena prospek karirnya pun cukup menarik.
  3. Agribisnis
    Dunia pertanian sangatlah luas dan tidak terbatas hanya pada sawah dan ladang saja karena banyak ilmu yang menarik untuk dipelaari dan tentunya sesuai dengan kepribadian ekstrovert yang cenderung aktif secara sosial. Seperti agribisnis misalnya atau dalam ilmunya dikenal sebagai Sosial Ekonomi Pertanian. Didalamnya kamu akan mempelajari tentang bagaimana memanage sumber dayanya, misalnya dari segi manusia dan ekonomi agar dapat membantu mengelola dan membuat sebuah pertanian menjadi lebih maju.
  4. Dokter atau Dokter Gigi
    Dokter identik dengan seorang yang intelek. Akan tetapi sesungguhnya, selain intelektual, seorang dokter juga perlu memiliki karakter yang kharismatik, perhatian dan ramah. Hal ini dikarenakan, seorang dokter adalah tempat konsultasi pasien mengenai kesehatan mereka, dan dokter juga perlu menyemangati pasien untuk menyembuhkan penyakit mereka, atau memotivasi pasien yang sedang menjalani terapi yang sulit.
  5. Jurnalisme
    Jurnalisme juga merupakan salah satu bidang yang memerlukan banyak interaksi dengan orang, untuk mencari informasi yang diinginkan. Seorang jurnalis perlu mengarahkan percakapan dari orang yang diwawancarai agar sesuai dengan topik bahasan, dan juga harus pintar mengorek informasi.

Itulah beberapa jurusan yang cocok untuk para ekstrovert semoga bisa memberikan inspirasi untuk memilih jurusan yang tepat sesuai minat yang ada dalam diri. Belajar di perguruan tinggi merupakan cita – cita banyak orang, maka jangan sia – siakan waktumu dengan memilih jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan pribadi dan minatmu. Pilih apa yang kamu cintai, dan semua kesulitan akan terasa mudah.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment