Loading Posts...

Kamu bingung Pilih Jurusan Kuliah? Perhatikan ini..

  1. Bidang Apa yang Kamu Minati
    Kalau kamu bingung milih jurusan, pilih aja bidang yang benar-benar kamu suka bukan cuma pengen keliatan keren tapi memang yang benar-benar kamu sukai. Dengan begitu kamu pasti jadi bersemangat saat kuliah. Karena program kuliah sarjana durasinya 3 sampai 4 tahun jadi pastikan kamu menikmati masa kuliahmu dengan mempelajari sesuatu yang sesuai dengan minat kamu. Bakat juga penting tapi kalau kamu punya minat yang kuat dalam bidang tertentu, otomatis kamu akan bersemangat untuk menghadapi semua tantangan dan kesulitan sewaktu kuliah.
  2. Sesuai dengan Kemampuan yang Kamu Miliki
    Tidak jarang banyak siswa yang belum menyadari kemampuannya sendiri. Padahal kemampuan yang kamu miliki bisa menjadi prioritas dalam memilih jurusan. Meski kamu menyukai film tentang kedokteran dan programer karena terlihat keren, ada baiknya kamu perhatikan kemampuanmu. Gali potensi dirimu sebisa mungkin. Kalau potensi kamu mengarah ke bidang seni, kamu bisa ambil jurusan sastra, design dll. Kamu nggak perlu ambil jurusan eksak cuma karna kata orang itu keren. Jurusan apapun punya kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Jurusan akan jadi keren kalau kamu mampu berprentasi dan mengembangkan diri di dalamnya. Bukan cuma ikut-ikutan tren.
  3. Sesuai dengan Hobi yang Kamu Miliki
    Hobi kamu juga bisa jadi petunjuk kalau kamu bingung dalam menentukan bakat dan minat kamu. Kalau kamu hobi menggambar, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan animasi atau computer game design. Kalau kamu hobi di bidang fashion kamu juga bisa ambil jurusan fashion design. Atau kalau kamu hobi dalam mentata perabotan dirumahmu, mengganti warna cat atau furniture, kamu bisa ambil jurusan design interior.
  4. Berdasarkan Kepribadian Kamu
    Setiap orang punya kepribadian yang berbeda-beda. Dengan mengetahui kepribadian kamu maka memilih jurusan juga akan lebih mudah. Menurut John Holland, kepribadian dapat dikelompokkan menjadi enam. Keenam kelompok kepribadian itu, yaitu: kepribadian realistic (realistis), thinkers (pemikir), creators (berjiwa seni), helpers (penolong), persuaders (menguasai orang lain), dan organizers (terorganisir). Enam kepribadian tersebut bisa kamu cocokkan dengan tipe jurusan yang akan kamu pilih, sesuai atau tidak. Jika kamu adalah orang yang suka menolong, mungkin kamu bisa memilih jurusan di bidang kesehatan seperti dokter atau perawat.
  5. Memiliki Peluang Kerja Tinggi
    Kamu akan menghadapi sulitnya dunia kerja saat selesai kuliah nanti. Bukan cuma itu tapi masuk kerja pun sangat sulit. Kalau kamu belum tau mau jadi apa dan nggak ada bidang yang benar-benar menarik minat kamu maka nggak ada salahnya kamu cari jurusan yang punya peluang kerja tinggi, karena nanti selesai kulian juga kamu bakal cari kerja kan?
  6. Konsultasi dengan Orang yang Berpengalaman
    Kalau kamu masih bingung, kamu bisa curhat mengenai kebingungan kamu dengan orang terdekat, orang tua misalnya, atau guru pembimbing konseling jika di sekolah, bisa juga dengan kakak yang sudah duluan merasakan kuliah kalau kamu punya, karena bisa saja kamu nggak sadar dengan potensi yang kamu miliki malah orang terdekatmu tau tentang bakat dan potensi yang ada di kamu.  Kamu bisa berkonsultasi dengan mereka mengenai itu, juga tentang pengalaman mereka dalam memilih suatu jurusan serta prospek pekerjaan setelah lulus. Bertanya langsung akan sangat memudahkan kamu lho karena kamu bakal dapat banyak masukan dan saran yang baik dari mereka. Kamu bisa menyesuaikan antara pengalaman mereka dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan malu untuk bertanya yaa supaya nggak nyesal nantinya karena salah pilih jurusan.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment