Loading Posts...

Kamu Bingung Mau Kuliah di Kampus Negeri atau Swasta?

Bagi kamu yang sudah selesai melewati UAN, perjuangan kamu tidak berhenti begitu saja. Kamu harus segera menentukan kemana kamu akan melanjutkan kuliah. Jika di luar negeri, kamu bisa segera menghubungi konsultan pendidikan. Tapi, kalau kamu berencana kuliah di dalam negeri, kamu harus rajin melakukan research sendiri. Kegalauan pertama yang pasti kamu ditemui adalah kuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau di Perguruan Tinggi Swasta. Nah, dua duanya memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Memilih satu diantara keduanya bukan lagi sebuah masalah sepele. Sebelum salah dan menyesal nanti, kita bahas satu persatu Universitas Negeri vs Universitas Swasta di Indonesia.

Universitas Negeri

Universitas Negeri banyak diminati karena popularitasnya. Orang yang masuk perguruan tinggi negeri akan dianggap pintar sehingga persaingan untuk masuk ke kampus negeri sangat ketat. Calon mahasiswa harus melewati berbagai macam tahap test. Salah satunya SMPTN dan SBMPTN. Di jalur beasiswa, mereka siap tempur dalam beasiswa bidikmisi.

Universitas Negeri memiliki kelengkapan akademik yang bagus dan mudah dalam mendapatkan beasiswa. Selain itu, Universitas Negeri juga banyak mendapat subsidi maupun bantuan dari pemerintah jadi biaya kuliahnya jauh lebih terjangkau. Bidang study serta fasilitasnya terjamin karena sudah mendapat pengakuan dari pemerintah. Kampus negeri rata-rata telah terakreditasi. Prospek kerja yang cukup menjanjikan setelah lulus kuliah dan juga tenaga pendidik yang cukup kompeten.

Namun universitas negeri juga punya kelemahan yang harus kamu tau, yaitu karena minat masuk universitas negeri sangat banyak membuat persaingan antara mahasiswa baru sangat ketat. Setelah di terima kamu harus bersaing di bidang akademik dengan ribuan mahasiswa lainnya. Kegiatan akademik yang banyak akan membuat kamu jenuh dan sulit dalam mengatur waktu. Kamu juga tidak akan begitu diperhatikan. Karena jumlah mahasiswa yang banyak. Sebagian kampus negeri tidak concern ke pengembangan mahasiswa, yang penting nama universitas negeri tetap bergengsi.

Universitas Swasta

Bagi kamu yang belum atau tidak diterima di Perguruan Tinggi Negeri tidak perlu khawatir, karena masih banyak kampus lain yang memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri. Tidak sedikit pula orang-orang sukses yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta. Kamu bisa kuliah dimanapun yang penting adalah belajar dengan sungguh-sungguh agar hasil yang diperoleh memuaskan sehingga ketika kamu akan melamar sebuah pekerjaan kamu memiliki bekal nilai IPK yang tinggi dan skill yang mumpuni.

Kamu yang ingin memasuki universitas swasta tidak perlu khawatir dengan persaingan yang ketat seperti di universitas negeri karena kuota atau kapasitas di universitas swasta hampir tidak dibatasi. Kamu juga akan lebih diperhatikan dan lebih mudah diingat oleh dosen. Kegiatan akademik di universitas swasta juga tidak terlalu banyak. Fasilitas di universitas swasta super modern dan lengkap (tidak semua kampus swasta). Jam pelajaran di universitas swasta biasanya lebih fleksibel. Jadi bukan masalah jika kamu ingin menyelipkan kegiatan lain seperti extrakurikuler atau bahkan bekerja. Untuk masalah akreditasi Universitas negeri dan swasta bisa bersaing ketat. Namun, beberapa universitas swasta terkenal karena salah satu bidang studynya yang sangat establish.

Kekurangan universitas swasta adalah dari segi biaya. Secara global, biaya kuliah di universitas swasta lebih mahal dibandingkan dengan universitas negeri, tetapi sesuai dengan fasilitas yang di sediakan. Peluang beasiswa tidak sebanyak di universitas negeri dan banyak perguruan tinggi swasta yang belum memiliki dosen yang cukup.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment