Loading Posts...

Jangan sampai anda salah Plih Jurusan saat Kuliah

Teman-teman kali ini kita akan bahas bagaimana memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita masing-masing.

Keputusan dalam memilih jurusan program study sangatlah tidak mudah temen- temen. Karena kita calon mahasiswa perlu banyak mempertimbangkan hal seperti tujuan  cita-cita yang sudah temen- temen inginkan secara konsisten, ingat ya temen- temen dalam tahapan ini, kita sudah tidak putih abu- abu lagi. Melainkan, harus menentukan kemana kita akan membawa cita- cita tersebut dengan tepat sasaran. Misal jika kita punya cita- cita menjadi pilot sudah tentu kita tidak boleh memilih jurusan keperawatan BUKAN. Sebaiknya temen- temen harus menyesuaikan jurusan program study dengan CITA- CITA.

Bagi teman2 yang masih sekolah, pastikan juga sekolah anda telah terakreditasi dengan baik di Ban-PT, untuk profil dan informasi sekolah di tanah air bisa di lihat di datasekolah.net.

kemudian prospek pasc alulus, mau dibawa kemanakah ijazah tersebut…? setelah kita lulusan nanti, sayang looh kalo punya ijazah tapi malah tersimpan rapi di brangkas, mengingat untuk memperoleh ijazah tersebut kita sudah mengorbankan waktu, materi, dan tenaga blom lagi paket internet buat cari bahan tugas ya kan.. ,   selain itu mempertimbangkan aspek biaya juga menjadi hal yang tidak kalah penting karena biaya harus kita sesuaikan dengan kantong orang tua kita, mengingat biaya merupakan aspek wajib dalam melanjutkan kuliah, untuk menghindari temen- temen putus ditengah jalan, karena tidak sanggup membiayai beban beban iuran yang listnya luar biasa panjang. dan letak geografis kampus yang akan kita jadikan sebagai tempat perkuliahan.

Semakin terjangkau letak geografit kampus maka semakin hemat biaya yang akan kita keluarkan, ingat ya temen- temen bukan berarti kita tidak boleh kuliah di luar daerah maupun luar negeri, hanya saja kita perlu menyesuakain kondisi keungan.

Saya yakin, pasti dari beberapa temen- temen masi banyak yang bingung harus memilih jurusan apa untuk melanjutkan perguruan tinggi. Hal ini karena kebiasaan temen- temen yang masi serba ikut-ikutan dan memilih hanya berdasarkan untuk tetap dekat dengan sahabat karib.

Misalnya, berhubung karena kita gaul dan punya temen banyak  sepeti temen sebangku, temen setetangga, temen segeng dan temen sekomplek, kebanyakan  dari meraka  memilih salah satu jurusan kedokteran karena mengikuti tren, sehingga kita juga ikutan memilih jurusan yang sama. Keputusan seperti inilah sebenarnya sangat patal bagi kita sendiri dan bahkan akan sangat banyak resiko-resiko yang akan temen- temen hadapi di kemudian hari  pada saat proses belajar menajar di perkuliahan sulit menyelesaikan tugas, susah mencari bahan karena rasa terbebani. Dikarenakan bukan kegiingan dari dalam diri kita sendiri. Untuk itu bijaklah dalam memilih jurusan sebelum menyesal dikemudian.karena penyesalan tidak akan pernah datang diawal, melainkan di akhir.

Berikut beberapa hal yang perlu temen- temen perhatikan untuk pertimbangan memilih jurusan:

  • Pastikan jurusan program studi yang temen- temen pilih sudah terakreditasi resmi oleh BAN- PT
  • Pastikan jurusan program study sesuai dengan bakat dan keinginan.
  • Sesuaikan jurusan program studi dengan cita- cita.
  • Perhatikan kualitas dan kuantitas jurusan program studi yang akan temen- temen pilih.
  • Sesuaikan dengan karir yang akan teman- teman geluti setelah pascalulusan.
  • Sesuaikan dengan daya tampung universitas jika universitas yang temen- temen pilih  tersebut merupakan universitas  ungulan dan banyak diminati.
  • Sesuaikan dengan peluang kerja yang ada.
  • Pastikan konsultasi dengan kedua orang tua, guru,maupun konsultan pendidikan, karena mereka adalah orang yang mengenal karakter kita.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment