Loading Posts...

Ini Penyebab Munculnya Jerawat Pada Kulit Kamu

  1. Hormon
    Timbulnya jerawat di wajah umumnya terjadi akibat lonjakan hormon estrogen pada perempuan. Senyawa tersebut biasanya meningkat pada saat menjelang menstruasi, kehamilan atau ketika seseorang memasuki masa pubertas. Ketika hormon estrogen meningkat, maka kelenjar minyak dan pori-pori pada kulit semakin terbuka lebar yang membuat Anda rentan terkena jerawat serta bakteri.
  2. Sinar Matahari
    Seperti yang kita ketahui sinar matahari sebenarnya cukup baik untuk tubuh dan kulit, tetapi efek radiasi dari sinar UVA dan UVB dari sinar matahari juga bisa berubah menjadi buruk untuk permukaan kulit. Kulit yang terpapar sinar matahari berlebihan justru akan mengalami efek radiasi berat, terbakar dan memicu timbulnya jerawat. Saat terpapar sinar matahari, kelenjar minyak (sebaceous gland) menghasilkan lebih banyak minyak dan menimbulkan jerawat. Kelenjar ini banyak terdapat di area dada dan punggung. Sehingga jerawat lebih banyak timbul di area ini.
  3. Keringat
    Dalam kondisi panas, tubuh akan lebih banyak menghasilkan keringat. Kita sering membiarkan keringat mengering di baju, nah bila kebersihan kulit dan pakaian tidak dijaga, bakteri akan tumbuh dalam jumlah banyak. Jerawat jadi lebih mudah timbul pada tubuh. Keringat membawa serta residu kotoran dari dalam tubuh dan berbagai bakteri serta debu. Jadi jagalah kebersihan kulit kamu dari keringat karena keringat membawa bakteri dan kotoran yang akan menyumbat kulit.
  4. Stress
    Kenapa stres sering dikaitkan dengan munculnya jerawat? karena sel-sel yang memproduksi sebum, zat berminyak memiliki reseptor pada hormon stres. Sebum adalah zat buruk yang jika bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri akan menyebabkan sumbatan pada folikel rambut di kulit sehingga bisa menghasilkan komedo dan jerawat.
  5. Masalah Kebersihan Wajah
    Terjadinya masalah penyumbatan pada pori-pori wajah akibat beberapa faktor, yang sering terjadi yaitu karena malas mencuci wajah, kesalahan dalam pengaplikasian kuas make-up, penggunaan spons bedak yang telah lama. Hal lainnya yang jarang diperhatikan, yaitu penggunaan handuk yang tidak sehat, dimana yang sering terjadi yaitu sering berbagi handuk dengan orang lain dan handuk tidak disimpan di tempat yang baik / bersih. Masalah-masalah yang ditimbulkan dari kurang menjaga kebersihan wajah, yaitu berupa penyebaran bakteri yang beresiko menyumbat pori-pori wajah. Hal ini yang akhirnya menimbulkan masalah jerawat di wajah. Untuk itu penting memcuci atau membersihkan wajah secara rutin guna mencegah pori-pori tersumbat.
  6. Mengkonsumsi Makanan Manis
    Beberapa jenis makanan diduga berkaitan dengan jerawat, yaitu makanan manis dan diproses seperti biskuit, keik, roti dan pasta putih, serta keripik kentang . Selain itu, makanan dari produk susu juga diduga memiliki pengaruh yang sama terhadap risiko berjerawat. Meski, hingga kini belum diketahui makanan penyebab jerawat secara pasti.
  7. Alkohol
    Alkohol sudah tidak diragukan lagi bahayanya, salah satu dampak dari alkohol yaitu membuat tubuh kamu dehidrasi. Kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi dan kering, membuat jerawat mudah muncul.
  8. Merokok
    Perokok memiliki kulit yang lebih kering dari orang lain pada umumnya. Hal ini juga dapat memperparah jerawat karena kulit menjadi lebih rentan terhadap berbagai gangguan akibat kulit kering.
  9. Efek Samping Obat dan Kosmetik
    Hati-hati dalam memilih obat yang mempengaruhi kerja hormonal tubuh dan jenis kosmetik tertentu jika kamu tidak ingin jerawat yang kamu alami bertambah parah. Selalu lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan atau kosmetik selama jerawat masih menjadi masalah terbesar kamu.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment