Loading Posts...

Ini Dia Kelebihan yang Dimiliki Orang Kidal

  1. Multitasking
    Orang-orang kidal biasanya dikenal sebagai multi-tasker. Hal ini karena mereka menggunakan tangan kiri sehingga memaksa otak untuk berpikir dan merespons dengan cepat. Para peneliti juga telah menemukan bahwa ketika ada diskusi antara orang kidal dan tangan kanan, orang kidal akan merespon lebih cepat.
  2. Punya Ingatan yang Baik
    Hal ini tidak spesifik untuk orang kidal saja, tapi juga kepada orang-orang yang berasal dari keluarga yang sebagian besar kidal. Mereka punya memori episodik yang lebih baik (kemampuan untuk mengingat peristiwa) lebih baik dari pengguna tangan kanan. Studi menunjukkan bahwa memori yang dimiliki orang bertangan kidal mempengaruhi kemampuan ingatan yang lebih baik daripada orang normal. Terutama untuk memanggil ingatan kembali (recall memory).
  3. Kesehatan yang Lebih Baik
    Walaupun orang kidal cenderung lebih gampang terkena disleksia dan gangguan belajar, mereka ternyata cenderung lebih sedikit terkena atritis, atau peradangan pada persendian, yang disertai rasa sakit, kaku dan keterbatasan gerak.
  4. Berpikir Lebih Cepat
    Karena sering menggunakan bagian kanan dan kiri otaknya, orang kidal bisa mengelola informasi lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang menggunakan tangan kanan. Hal ini juga yang bikin si tangan kidal bisa mengerjakan beberapa hal sekaligus alias multitasking.
  5. Kreatif
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang kidal lebih cepat dan kreatif karena menggunakan kedua belahan otaknya, berbeda dengan orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan yang hanya menggunakan otak kiri. Kedua belahan otak sebenarnya hampir sama, dan sebagian besar untuk memproses informasi yang sama, dengan data lewat bolak-balik di antara keduanya terutama melalui jalur saraf utama. Tapi, tugas-tugas tertentu, seperti pengolahan bahasa, cenderung terjadi pada satu belahan saja. Bagi kebanyakan orang, pengolahan bahasa terjadi di bagian kiri. Untuk orang kidal, tugas-tugas tersebut mungkin terjadi di kedua belahan otak. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang kidal yang terbiasa menulis dengan tangan kiri mungkin memiliki otak yang lebih kondusif untuk simultan atau rangsangan dan pengolahan di kedua bagian otak. Orang kidal lebih mudah menggunakan kedua belahan otak untuk mengelola rangsangan, sehingga keseluruhan proses dan waktu respon lebih cepat. Ini juga bisa berarti bahwa ketika salah satu belahan otak mendapat kelebihan beban dan mulai melambat, belahan otak lain bisa lebih mudah memilih mengisi kekosongan itu.
  6. Punya IQ Tinggi
    Para peneliti tidak yakin ada hal yang dapat dijadikan tolak ukur untuk melihat apa yang menyebabkan orang kidal memiliki IQ yang tinggi – bahkan digolongkan sebagai orang cerdas. Namun dapat dibuktikan 20 persen anggota Mensa (organisasi orang dengan IQ tinggi di Inggris) memiliki tangan kidal. Beberapa orang berpikir bahwa orang kidal dipaksa untuk menggunakan kedua sisi otak lebih sering, sehingga memungkinkan para individu kidal lebih mudah untuk menangkap informasi atau hal baru.
  7. Ahli Olagraga
    Orang yang kidal mungkin juga memiliki reaksi yang lebih cepat, hal ini membantu mereka unggul dalam olahraga, menurut sebuah studi 2017. Ilmuwan olahraga Florian Loffing menganalisa olahraga seperti baseball, tenis, dan cricket untuk menentukan apakah orang kidal berperforma lebih baik dengan batasan waktu atau tekanan tertentu. Ia menemukan bahwa orang kidal 2,6 kali lebih baik dalam olahraga.
  8. Mudah Merasa Malu
    Orang kidal lebih mudah merasa malu. Sebuah uji perilaku yang dilakukan di Skotlandia menunjukkan keterkaitan antara kekidalan dengan rasa malu. Menurut studi ini, banyak partisipan bertangan kiri yang melaporkan bahwa mereka lebih mudah merasa cemas dalam membuat kesalahan, dan lebih sensitif terhadap kritik. Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan orang-orang kidal adalah orang yang ragu-ragu.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment