Loading Posts...

Hati-hati Jangan Lakukan Ini Saat Perut Kosong

Sebaliknya, ada hal-hal tertentu yang tidak boleh kamu lakukan pada pagi hari atau saat perut masih dalam keadaan kosong. Baca penjelasan berikut ini yaa..

  1. Minum Obat
    Meski ada beberapa jenis obat yang harus dikonsumsi saat perut kosong, kebanyakan obat harus dikonsumsi setelah kamu makan. Obat yang dapat menyebabkan mual atau muntah sebaiknya hanya di konsumsi setelah makan, untuk mengurangi efek sampingnya. Mengonsumsi obat setelah makan juga dapat mencegah terjadinya iritasi lambung, dan gangguan pencernaan.
  2. Mangunyah Permen Karet
    Ternyata mengunyah permen karet bisa menyebabkan gastritis. Saran yang diberikan adalah makan permen karet dengan pemanis alami seperti yang mengandung xylitol atau sorbitol. Hindari permen karet yang mengandung siklamat atau aspartam dan jangan mengunyah permen karet lebih dari 10 menit.
  3. Minuman Dingin
    Kamu pasti sudah sering mendengar jika meminum segelas air putih setelah bangun tidur adalah hal terbaik yang harus dilakukan oleh setiap orang. Air putih yang paling bagus adalah yang bersuhu hangat dan semakin baik jika ditambah dengan sedikit madu. Namun, kebanyakan dari kita lebih memilih untuk menenggak minuman dingin. Meminum minuman dingin saat perut sedang kosong dapat memperlambat sistem pencernaan. Sedangkan meminum air putih hangat saat perut kosong bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh.
  4. Minum Teh atau Kopi
    Mengawali hari dengan minum teh atau kopi, bukanlah keputusan yang tepat. Minum kopi dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan keasaman dalam lambung, hal ini akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan yang menyebabkan gastritis yaitu kondisi lambung mengalami iritasi atau peradangan pada beberapa orang yang dapat menyebabkan mulas, nyeri ulu hati, dan gangguang pencernaan. Sementara minum teh dapat menekan pengeluaran cairan lambung dan dapat mengurangi selera makan.
  5. Olahrga
    Olahrga membutuhkan kalori sebagai sumber tenaga. Bila tidak ada kalori dan lemak yang dibakar, maka tubuh akan membakar otot. Hal tersebut akan membuat otot terbakar, namun menyebabkan penimbunan lemak. Kamu dapat menginsumsi buah-buahan sebelum berolahraga, untuk mengisi tenaga yang dibutuhkan.
  6. Konsumsi Alkohol
    Meminum alkohol saat perut kosong menyebabkan alkohol langsung mengenai aliran darah. Alkohol akan didistribusikan dengan cepat ke seluruh tubuh kamu dan menyebabkan pembuluh darah melebar. Ini juga menyebabkan penurunan sementara dalam denyut nadi dan tekanan darah. Dengan meningkatnya konsentrasi alkohol dalam darah, kamu juga jadi kehilangan kendali.
  7. Bepergian
    Kamu pernah pergi dalam keadaan perut kosong? Jangan pernah kamu lakukan ya.. Soalnya, bepergian dengan perut kosong dapat mengundang mabuk perjalanan. Namun, kamu juga harus menghindari makanan yang cenderung menghasilkan gas seperti minuman soda, brokoli, kembang kol dan kubis Brussel. Makan ringan adalah yang paling cocok untuk bepergian.
  8. Konsumsi Sereal
    Semangkuk sereal dan susu seringkali dijadikan pilihan sarapan yang mudah dan mengenyangkan apalagi disaat buru-buru. Tapi karena kadar gulanya yang cukup besar, konsumsi ini di pagi hari hanya akan membuat perut kamu merasa cepat lapar. Sebaiknya konsumsi telur sebagai menu sarapan yang membuat perut merasa kenyang lebih lama.
  9. Minum Minuman Manis
    Banyak orang yang menganggap minuman manis dapat memberikan energi dan sering dijadikan sebagai pembuka makan pagi. Namun, hal itu salah. Minuman manis harus dihindari ketika perut kamu belum terisi makanan apapun. Hal ini dapat menimbulkan peningkatan kadar gula darah yang tajam dan keseimbangan asam-basa pun terganggu.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment