Loading Posts...

Hati-hati Gangguan Mental ini Sering Dialami oleh Mahasiswa

Perkuliahan adalah masa dimana seseorang sudah mulai hidup sendiri dan melakukan semuanya secara mandiri apalagi sampai harus jauh dari orang tua. Mahasiswa akan mengalami stres pada masa ini karena tuntutan akademik maupun sosial. Dibawah ini terdapat beberapa gangguan mental yang biasanya dimiliki oleh mahasiswa dan jarang disadari.

  1. Depresi
    Depresi banyak dialami oleh mahasiswa, jika tidak ditangani secara serius maka akan beresiko bunuh diri. Di Indonesia juga terdapat kasus bunuh diri pada mahasiswa yang tertekan oleh tugas kuliahnya di kampus. Oleh karena itu untuk mencegah depresi yaitu dengan membicarakan berbagai masalah yang dialami kepada teman atau keluarga yang kamu percaya. Kamu bisa bertukar pikiran dengan mereka sehingga membuatmu tidak merasa sendirian.
  2. Kecemasan
    Kecemasan akan sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Kecemasan yang serius akan menimbulkan stres dan kekhawatiran yang berlebih, jika stres muncul maka akan mengganggu kemampuanmu untuk dapat berfungsi secara normal. Gejala kecemasan yang muncul dan mungkin tidak kamu sadari yaitu gemetar, detak jantung meningkat, gelisah, sulit bernapas, sulit mengendalikan ketakutan maka kamu bisa ke pusat kesehatan kampus dan pergi ke terapis jika diperlukan.
  3. Insomnia
    Gangguan ini bisa menjadi salah satu dari gejala depresi dan kecemasan. Ini bisa menjadi masalah fisik yang serius jika terjadi terus-menerus. Belajar dan mengerjakan tugas sampai larut malam kemudian bangun pagi untuk menghadiri kuliah pagi dan aktivitas yang padat membuat mahasiswa mengalami insomnia dan kekurangan tidur. Tubuhmu akan merasa kelelahan dan menurunkan konsentrasi belajar serta membuatmu mudah diserang penyakit lain. Untuk mengatasinya kamu perlu memiliki aturan tidur yang cukup ketat serta mengurangi tidur sampai larut malam.
  4. Gangguan Makan
    Berbagai Gangguan makan seperti anoreksia, bulimia dan binge eating (makan tak terkendali) adalah gangguan makan yang umum terjadi pada masa kuliah, dan biasanya lebih banyak dialami oleh wanita. Gangguan ini bisa terjadi karena stres oleh tugas yang menumpuk dan jauh dari orang tua. Pola makan yang tidak normal bisa memicu munculnya gangguan makan.
    Jadi, jika kamu merasakan pola makan yang tidak normal seperti makan banya tetapi dimuntahkan kembali, atau tidak ingin makan karena merasa bersalah jika makan banyak atau justru kamu makan banyak dan tidak terkendali maka mintalah orang terdekat untuk membantu memantau dan mengendalikan pola makan kamu.
  5. Menyakiti Diri Sendiri
    Perilaku ini biasanya timbul karena merasa stres dan merasa terlalu tertekan. Biasanya orang akan menyayat tangannya sendiri, membenturkan kepala atau mungkin sengaja tidak makan untuk menyiksa diri sendiri supaya teralihkan dari stres dan tekanan yang dia rasakan. Banyak orang sadar bahwa tindakan itu salah tapi banyak juga yang tidak menyadari bahwa melukai diri bukan cara yang baik dalam mengelola emosi. Maka dari itu jika kamu merasa ingin melukai diri kamu sendiri segera hubungi teman atau orang terdekat, usahakan untuk mencari bantuan dalam menyelesaikan masalahmu, jangan sampai pikiran negatif menguasaimu.
  6. Penyalahgunaan Alkohol dan Narkoba
    Mahasiswa menggunakan alkohol dan narkoba sebagai penenang dari tekanan perkuliahan. Alkohol termasuk kedalam zat yang sering disalahgunakan oleh mahasiswa. Penyalahgunaan alkohol dan narkoba pada mahasiswa bisa mengakibatkan kecelakaan dan juga pelecehan seksual di kalangan mahasiswa.
  7. Homesickness
    Ini adalah perasaan rindu yang dialami terhadap rumah dan kampung halaman. Biasanya orang yang mengalaminya adalah mahasisa yang tinggal jauh dari rumah. Hal ini terjadi bisa karena terlalu nyaman dengan orang tua, rindu teman-teman di kampung halaman, atau kondisi lingkungan rumah yang sangat berbeda dengan lingkungan kampus. Kondisi ini normal terjadi pada mahasiswa rantau yang jarang pulang ke kampung halaman.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment