Loading Posts...

Cara Untuk Meningkatkan Konsentrasi Kamu

  1. Istirahat
    Faktor terbesar yang memengaruhi konsentrasi adalah istirahat, hal ini telah diverifikasi berbagai penelitian. Konsentrasi membutuhkan pikiran kamu untuk tenang. Namun jika kamu tidak beristirahat dengan baik, pikiran kamu akan mudah bercabang. Oleh karena itu, pastikan kamu punya waktu cukup untuk tidur. Juga, milikilah waktu tidur yang tetap karena ini bisa merupakan kunci untuk berkonsentrasi. Terlalu banyak tidur juga tidak ideal. Hal ini dapat mengganggu ritme alami kamu dan membuat malas. Hindari ini dengan memiliki jam alarm untuk membangunkan kamu tepat waktu.
  2. Tenangkan Pikiran
    Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus kamu adalah dengan meditasi. Para periset menemukan bahwa rutin latihan meditasi selama 8 minggu dapat mempertajam otak dan ingatan, terutama bagi kamu yang sulit konsentrasi. Selain meditasi, mencoba teknik pernapasan juga termasuk ampuh untuk memusatkan pikiran pada hal-hal yang dituju. Mulailah dengan menarik napas dalam-dalam sambil memusatkan perhatian pada setiap napas yang kamu hirup dan hembuskan perlahan. Bila pikiran kamu mulai memencar tidak fokus, fokuskan lagi pikiran pada latihan napas yang kamu lakukan. Lakukan berulang agar mendapat hasil yang maksimal.
  3. Olahraga Teratur
    Kemampuan berkonsentrasi tergantung dari kebugaran fisik kamu. Jika kita mengantuk, tidak sehat, atau mengalami sakit ringan, berkonsentrasi akan lebih sulit. Tentu, kamu masih akan bisa berkonsentrasi, hanya saja lebih sulit. Meski demikian, hidup akan lebih mudah jika kita memberi prioritas pada kesehatan fisik yaitu tidur cukup, bugar secara fisik, menjaga berat tubuh sehat, berolahraga dengan teratur.
  4. Sarapan
    Sarapan menjadi kebiasaan penting yang harus dilakukan tiap hari. Orang yang tidak membiasakan sarapan umumnya memiliki daya konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang melakukan sarapan. Dengan sarapan, tubuh kita akan memiliki energi yang cukup untuk memulai aktivitas harian. Tidak hanya sekadar meningkatkan konsentrasi, sarapan juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood serta meningkatkan kualitas kinerja fisik ataupun mental. Sarapan menjadi asupan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang glukosa setelah sebelumnya anda tidur tanpa mengonsumsi makanan sama sekali.
  5. Kerjakan Sesuatu Di Atas Meja jangan DI Tempat Tidur
    Tanpa kita sadari inilah yang sering kita lakukan. Karena ingin merasa lebih santai sering kita membawa pekerjaan di atas tempat tidur. Tapi ini malah membuat kita tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Jelas, karena ada rasa ingin tidur dan malas untuk kembali melanjutkan pekerjaan. Maka cobalah tertib menyelesaikan pekerjaan di atas meja kerja kamu. Dan buatlah meja kerja kamu sekondisional mungkin, sehingga dapat membantu meningkatkan produktifitas kerja kamu.
  6. Konsumsi Madu
    Madu menjadi salah satu makanan terbaik bagi otak yang tidak boleh kamu lewatkan. Madu memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan seperti vitamin, bio hormon, zat mineral serta enzim yang dapat menstimulus kerja otak. Dengan kandungan madu tersebut konsentrasi kamu akan lebih baik serta terhindar dari yang namanya stress. Biasakan mengonsumsi madu sebanyak 2 sendok makan pada tiap harinya. Madu merupakan produk alami yang dihasilkan oleh hewan lebah yang bagus dalam menunjang kesehatan tubuh sekaligus untuk mencegah datangnya penyakit. Madu telah lama dikenal sejak dulu memiliki banyak khasiat ajaib yang kini bisa anda dapatkan dalam bentuk kemasan sachet ataupun botol.
  7. Konsumsi Coklat
    Terutama bagi wanita, coklat merupakan salah satu jenis makanan yang tidak lepas dari kegiatan sehari-hari. Coklat nyatanya memiliki kemampuan dalam meningkatkan aktivitas serta kesehatan mental seseorang. Coklat yang dicampur dengan gula, memiliki manfaat dalam menyeimbangkan kembali metabolisme otak. Dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 cangkir minuman coklat setiap hari atau bisa pula dengan mengonsumsi coklat dalam bentuk batang.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment