Loading Posts...

Cara Mudah Meluluhkan Hati Dosen

  1. Jangan Bolos
    Hal ini yang paling penting dalam kuliah yaitu jangan membolos. Mahasisiwa sering memilih untuk bolos kuliah kalau dosen killer namun ini adalah pilihan salah. Membolos tanpa keterangan hanya akan membuat nama kamu lebih menonjol dibanding dengan teman-temanmu tapi bukan menonjol karena hal yang baik. Sekali kamu mencoba untuk bolos maka kamu bisa ketagihan dan keterusan membolos dan akhirnya dapat nilai E karena dosen tidak suka denganmu.
  2. Jangan Telat
    Ini adalah suatu hal yang harus kamu hindari kalau ingin terhindar dari kutukan dosen killer, jangan sesekali kamu datang terlambat pada kuliah yang beliau ampu. Sekali saja kamu datang terlambat maka namamu akan diingat dan kamu akan dicap mahasiswa yang suka terlambat. Usahakan kamu datang ke kampus lebih awal dan kamu bisa belajar sedikit tentang materi yang akan dipelari agar kamu lebih siap karena biasanya dosen itu sangat suka mencari-cari kesalahan mahasiswanya terutama bagi yang telat.
  3. Sering Bertanya
    Biasanya mahasisa takut atau malas untuk bertanya kepada dosen apalagi kalau dosennya killer. Padahal sebenarnya beliau suka kalau kamu rajin bertanya. Kalau kamu takut bertanya didalam kelas kamu bisa bertanya diluar jam kuliah. Dosen sangat menyukai diskusi dengan mahasiswanya. Nah, kalau kamu ingin dekat dengan dosen cobalah sering-sering bertanya dan ajak dosen diskusi tentang materi kuliah yang beliau ampu dijamin kamu akan selalu diingat.
  4. Sopan
    Kapanpun dan dimanapun kamu bertemu dengan dosen tetaplah berperilaku sopan dan baik. Perhatikan tata bahasa kamu dalam berbicara termasuk juga jika berkomunikasi via media sodial, sms, email atau whatsapp gunakan bahasa yang sopan serta ikuti tatacara menghubungi dosen yang biasanya sudah dibertahu sebelumnya. Ingatlah bahwa dosen harus selalu dihormati.
  5. Kerjakan Tugas
    Dimanapun kamu kuliah pasti akan selalu diberi tugas oleh dosen. Jangan pernah anggap remeh tugas yang diberikan karena tugas memiliki bobot yang penting dalam perkuliahan. Jangan mengeluh dengan segala tugas yang diberikan dosen apalagi sampai telat ngumpul tugas berarti kamu sudah melakukan kesalahan fatal. Kamu bisa dijadikan sasaran nilai jelek nanti. Mending kerjakan setiap tugas yang diberikan dan kumpulkan tepat waktu agar terhindar dari masalah.
  6. Komunikasi Diluar Kelas
    Inilah yang jarang dilakukan mahasiswa yaitu komunikasi diluar kelas, diluar keperluan akademis banyak mahasiswa yang cuek sama dosen. Padahal kamu bisa hanya sekedar menegur saat berpapasan, atau ajak ngobrol kalau ada waktu luang. Kamu juga bisa bertanya hal-hal yang tidak sempat kamu tanyakan di kelas. Tidak perlu membahas yang berat-berat semakin sering kamu berinteraksi secara positif maka penilaian dosen juga akan positif kepada kamu. Ini bisa jadi salah satu cara yang ampuh dalam meluluhkan hati dosen apalagi dosen yang cuek.
  7. Kenal Karakter Dosen
    Dosen-dosen di kampus itu punya karakter yang berbeda-beda jadi kamu harus lebih mengenal karakter dosen-dosen yang mengisi kuliahmu kalau kamu ingin meluluhkan hatinya. Kamu bisa bertanya kepada kakak tinggat yang sudah pernah diampu oleh beliau, tanyakan sedetail mungkin dan pastikan kalau kamu paham dengan karakter dosen tersebut. Kalau  sudah seperti ini kamu jadi lebih mudah dalam menjalani kuliah dan dalam menghadapi dosen dikampusmu. Kamu akan lebih mengerti tentang sistem penilaian yang beliau terapkan, apa yang beliau sukai dan beliau tidak sukai, nah kamu tinggal ikuti saja dan ambil hatinya kemudian kamu akan terhindar dari masalah.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment