Loading Posts...

Cara Mengatasi Rasa Lelah Berlebihan Saat Beraktivitas

Kamu tidak bisa menganggap tubuh yang gampang kelelahan dan capek sebagai hal yang lumrah. Karena, ada banyak faktor yang bisa membuat tubuh kamu gampang lelah. Bahkan, beberapa diantaranya menjadi tanda suatu penyakit. Berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat mengatasi masalah kamu yang gampang kelelahan dan merasa capek. Diantaranya:

  1. Makan
    Makanan merupakan sumber energi utama yang dipakai tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Jika kamu merasa kelelahan, mungkin kamu kekurangan makan. Dalam hal ini, kekurangan makan yang dimaksud adalah kekurangan makanan-makanan yang mengandung zat gizi tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk kembali sehat. Mungkin kamu sudah merasa sering makan atau sudah makan dalam porsi yang banyak. Tetapi, apakah makanan yang kamu makan merupakan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh? Atau hanya memenuhi nafsu makan kamu saja? Makanan yang baik untuk melawan kelelahan adalah makanan yang baik pula bagi sistem kekebalan tubuh, salah satunya yaitu makanan sumber vitamin C. Sayur dan buah-buahan adalah sumber makanan yang tepat untuk dikonsumsi orang-orang yang sedang memiliki masalah pada sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu, hindari makanan-makanan kaleng atau olahan karena mengandung berbagai zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Biasakan untuk makan dengan teratur, entah itu teratur porsi, jam, bahkan pemilihan makanan. Jika kamu telah mengubah pola serta pemilihan makanan maka tubuh akan lebih kuat untuk melakukan berbagai aktivitas di kemudian hari.
  2. Minum Air Putih
    Apakah kamu minum cukup air? Beberapa orang yang mengeluh karena kelelahan sebenarnya mengalami dehidrasi. Minum 8 gelas air sehari. Cobalah untuk minum lebih banyak air di siang hari atau pada saat cuaca yang panas. Hal ini untuk menghindari minum di malam hari. Terlalu banyak minum di malam hari dapat menyebabkan terbangun di malam hari dan dapat menghambat tidur malam kamu.
  3. Tidur yang Cukup
    Mudah lelah bisa disebabkan oleh kurang tidur. Karena itu, kamu perlu tidur cukup di malam hari, setidaknya 7 jam per hari. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu bisa melakukan olahraga ringan sebelum tidur seperti jalan santai atau melakukan gerakan-gerakan peregangan otot. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu istirahat di kantor untuk tidur selama 10 menit (power nap) agar kembali bugar saat bekerja.
  4. Konsumsi Vitamin atau Suplemen
    Ketika kamu di kantor merasakan letih dan lesu, kamu bisa meminum suplemen atau vitamin C yang dapat berfungsi untuk meningkatkan stamina tubuh (usahakan yang terpercaya atau saran dari Dokter). Ada bagusnya suplemen yang kamu konsumsi berupa herbal seperti MADU atau HABBATUSSAUDA.
  5. Olahraga Cukup
    Jika pekerjaan terpaksa mengharuskan kamu untuk tidak bergerak dari bangku dan meja kerja selama berjam-jam setiap harinya, maka yang kamu butuhkan adalah memperbaharui energi dengan berolahraga. Olahraga yang teratur bisa meredakan ketegangan emosional yang disebabkan oleh beban kerja yang menumpuk, kecemasan, dan keletihan
  6. Konsumsi Kacang Almond
    Satu porsi (25-28 gram) kacang almond sebagai camilan sudah cukup untuk memberimu vitamin B dan magnesium. Vitamin B bermanfaat untuk menambah konsentrasi, menjaga mood, dan mencegah kondisi mudah lelah. Begitu juga dengan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan fisikmu.
  7. Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi
    Jika kamu mengalami mudah lelah sampai mengalami anemia, berkonsultasilah dengan dokter agar dapat mengetahui penyebabnya dan mendapatkan anjuran yang proporsional. Selain itu, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan zat besi di dalam menu sehari-hari kamu, seperti sayuran berwarna hijau, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan telur. Konsumsi pula makanan yang mengandung Vitamin C tinggi. Vitamin C akan mengoptimalkan penyerapan zat besi ketika saat dimakan bersama makanan sumber zat besi.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment