Loading Posts...

Cara Memilih Kampus yang Tepat

  1. Mencari Informasi yang Lengkap
    Hal pertama yang harus kamu dilakukan adalah melakukan riset. Kamu bisa langsung melakukan searching di internet untuk mencari informasi mengenai jurusan dan universitas yang sesuai keinginan. Tiap universitas perlu kamu pertimbangkan. Untuk awal, lakukan riset mengenai universitas apa saja yang mungkin menarik dan masuk pertimbangan kamu, kemudian gali lebih dalam masing-masing universitas yang masuk dalam pertimbangan. Kamu bisa melihat daftar universitas terbaik di internet untuk panduan awal. Tapi kamu perlu melihat daftar tersebut secara kritis karena terkadang universitas bisa membayar untuk muncul sebagai salah satu universitas terbaik di daftar tersebut.
  2. Kenali Universitas dengan Baik
    Jangan asal universitas negeri atau jangan asal kuliah. Kalau kamu memutuskan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, cobalah untuk melakukan riset mengenai universitas yang kamu tuju. Jangan cuma sekadar percaya dengan situs web perguruan tinggi tersebut atau rekomendasi-rekomendasi orang lain. Kamu bisa datang langsung ke bagian konsultasi pendidikan universitas tersebut dan bertanya pada senior atau teman yang lebih dulu berkuliah di universitas tersebut. Kalau perlu kamu bisa datang ke kampus bertemu dengan staf universitas yang bersangkutan. Jangan ragu untuk menghubungi universitas secara langsung dan mengajukan pertanyaan kepada mereka.
  3. Mencari Daftar Jurusan yang Ditawarkan
    Pada umumnya sebuah universitas akan mencantumkan jurusan – jurusan di situs mereka. Bacalah deskripsi jurusan yang ditawarkan tersebut, sebab universitas lain mungkin menawarkan jurusan yang sama tetapi dengan metode pembelajaran dan kurikulum yang berbeda dan lebih menarik. Bila ada kesempatan, kunjungilah kampus atau hubungi wakil dari universitas yang telah kamu pilih untuk bertanya lebih banyak mengenai struktur studi di jurusan yang kamu minati. Langkah ini dapat membantu kamu memilih universitas yang benar-benar memenuhi keinginan dan ketertarikan kamu.
  4. Fasilitas Universitas
    Fasilitas apa saja yang tersedia di universitas yang kamu pilih? Kamu perlu menentukan fasilitas apa saja yang kamu perlukan dan harus dimiliki universitas tersebut. Kenali lebih detail kampus pilihanmu agar tidak menyesal kemudian hari. Fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai akan mempengaruhi kualitas dirimu. Masing-masing universitas memiliki fasilitas dan sumber daya yang berbeda baik ketersediaan maupun kualitasnya. Tentukan apa yang kamu butuhkan untuk memaksimalkan kehidupan kuliah kamu. Setidaknya prospek pendidikan kedepan menjadi lebih terarah dan terjamin.
  5. Mencari Tau Ulasan Mengenai Universitas
    Tips memilih universitas yang juga penting adalah reputasi kampus. Selain bertanya kepada orang-orang disekitar kamu, kamu dapat membaca ulasan sebuah universitas untuk mencari tahu reputasi institusi tersebut. Reputasi sebuah universitas akan sangat berguna saat kamu ingin melamar pekerjaan. Ulasan seperti ini juga dapat memberi kamu sebuah gambaran tentang kehidupan sosial di kampus yang telah kamu pilih. Kamu tentu tidak ingin salah memilih perguruan tinggi yang ternyata tidak memiliki akreditasi, bukan? Pilih kampus yang memiliki reputasi dan akreditasi sehingga bisa mendukung pendidikan Kamu nantinya.
  6. Lokasi Universitas
    Selain memilih universitas yang berkualitas, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan lokasi universitas yang kamu pilih. Lokasi memang salah satu unsur penting yang sering menjadi bahan pertimbangan memilih universitas yang pas. Karena, lokasi akan mempengaruhi biaya hidup serta kenyamanan Kamu selama menjalani kuliah. Pertimbangkan lokasi universitas yang ingin kamu masuki. Kota tempat kamu kuliah nanti akan menjadi tempat tinggal kamu selama paling tidak tiga tahun. Pilih universitas yang berada di lokasi yang kamu senangi, baik itu kota besar, atau kota kecil, atau dekat dengan kampung halaman kamu. Carilah kota yang cocok dengan kepribadian dan kebutuhan kamu sebagai seorang mahasiswa. Bila kamu lebih nyaman berada di lingkungan yang santai dan tenang, carilah universitas yang di luar ibukota besar.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment