Loading Posts...

Berikut Film yang Akan Mengajarkan Kamu Tentang Makna Kehidupan

  1. Freedom Writers (2007)

    Film ini sangat cocok ditonton oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan, terutama guru dan dosen. Kamu akan belajar bagaimana mengubah keadaan kelas kamu, guru sejatinya adalah panutan yang selalu gigih dan punya cara kreatif untuk mendidik siswanya. Dikisahkan sebuah lembaga pendidikan yang sudah frustasi dengan keadaan murid-muridnya yang berlaku rasis bahkan saling bunuh karena unsur rasisme. Munculah guru baru, seorang guru wanita yang tangguh dan sabar, pada akhirnya kesabaran dan ketangguhannya itu mampu mengubah keadaan siswanya yang dulunya saling benci karena rasisme menjadi pribadi-pribadi yang saling menghargai satu sama lain dan menjadi produktif lewat komunitas Freedom Writers (Para Penulis yang Merdeka).
  2. Mencari Hilal (2015)

    Film ini bercerita tentang kisah hubungan cinta dan benci antara ayah dan anaknya. Mahmud (Deddy Utomo) ingin menerapkan Islam yang kaffah dalam semua aspek hidup. Mendengar kabar Kementerian Agama yang menghabiskan Rp9 miliar untuk menentukan hilal, ia langsung teringat tradisi mencari hilal di pesantren dulu. Mahmud ingin pergi berkelana, tetapi dihalangi oleh anak pertamanya karena faktor kesehatan. Sementara itu, Heli (Oka Antara), anak kedua Mahmud, adalah seorang aktivis sosial dengan pemikiran liberal yang ingin berangkat ke Nikaragua. Ia butuh paspor, tapi kakaknya yang pekerja imigrasi meminta Heli menemani bapaknya sebagai ganti paspor. Jadilah pasangan ayah-anak yang berbeda pandangan ini berkelana bersama-sama. Selain diisi oleh momen-momen lucu, Mencari Hilal juga membawa pesan menggugah tentang bagaimana caranya memaknai hidup, sekaligus memahami sesama manusia satu sama lain. Mencari Hilal cocok ditonton saat bulan Ramadan.
  3. Me Before You (2016)

    Will Traynor sangat mencintai hidupnya, dia telah pergi ke berbagai tempat dan melakukan berbagai hal yang disukai, seperti olahraga ekstreem, menjadi pengusaha sukses, memiliki segalanya. Namun, sebuah kecelakaan membuatnya lumpuh dari leher ke bawah, dia menderita quadriplegia. Ia hidup dalam keputusasaan dan memutuskan untuk bunuh diri tapi ia memiliki pengasuh bernama Louisa Clark, wanita berusia 26 tahun yang baru saja kehilangan pekerjaannya tapi tetap menjalani hidupnya dengan ceria. Diawal Film terlihat sekali usaha Clark yang berusaha mencari perhatian Traynor agar mau diasuh olehnya, hingga mereka saling suka. Film ini disutradarai oleh Thea Sharrock.
  4. The bucket list (2007)

    Seorang mekanik yang menderita penyakit kanker harus dirwat inap. Dan teman sekamarnya adalah milyader yang memiliki banyak rumah sakit. Awalnya sang milyarder keberatan karena sekamar dengan seorang mekanik. Namun setelah sekian lama mereka menderita penyakit yang sama mereka jadi akrab. Selama di rumah sakit mereka menulis bucket list yaitu list perjalanan kemana mereka ingin pergi. Mengetahui umurnya yang tidak sampai setahun lagi. Mereka berdua memutuskan berhenti dirawat inap dan mulai menjelajahi dunia. film komedi drama Amerika 2007 ini disutradarai oleh Rob Reiner.
  5. Children of Heaven (1997)

    Children of Heaven (Majid Majidi, 1997) merupakan film dari Iran yang bercerita tentang dua anak, abang beradik yang miskin di pinggiran Kota Teheran. Suatu ketika, Ali si abang baru saja mengambil sepatu Zahra si adik setelah diperbaiki tukang sepatu. Sialnya, sepatu tersebut hilang di perjalanan pulang. Oleh karena keluarganya miskin, Ali dan Zahra saling bertukar sepatu setiap hari demi bisa tetap sekolah. Uniknya, film ini menceritakan kisah kemiskinan lewat sudut pandang anak-anak. Yang lebih mengharukan lagi, baik Ali dan Zahra tidak berani minta sepatu ke orang tua karena mereka sadar keluarganya miskin. Children of Heaven mengajarkan pada kita agar lebih mensyukuri hidup.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment