Loading Posts...

Beberapa Jurusan yang Bagus Tapi Jarang Peminat

  1. Astronomi
    Untuk ilmu astronomi, Indonesia bisa dibilang masih harus berlari kencang untuk mengejar kemajuan. Gak heran negara juga membutuhkan tenaga ahli untuk mengetahui aneka fenomena yang terjadi di antariksa bumi kita. Sehingga, jika ada peristiwa-peristiwa tertentu, kita bisa mendapatkan informasi terkini. Jangan salah, banyak lembaga yang membutuhkan Astronom handal, seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
  2. Ilmu Perpustakaan
    Pasti banyak dari kamu yang masih mengacuhkan pilihan ini. Pasti di pikiranmu perpustakaan adalah tempat yang membosankan. Tapi memilih jurusan ini bisa membawamu menuju kesuksesan. Pasalnya ilmu perpustakaan ini mengajarkan kamu mengenai cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi yang ada di suatu perpustakaan, serta berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi pada umumnya. Wawasan kamu akan bertambah luas dan kamu bisa jadi lulusan dengan segudang pengetahuan.
  3. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
    Banyak yang beranggapan jurusan ini nggak recommended. Tapi dengan lulus di jurusan ini, kamu bisa jadi pencetus produk-produk yang bisa mengatasi masalah hama dan penyakit tumbuhan. Indonesia itu adalah negara agraris dimana penghasilan Indonesia memang mayoritasnya didapat dari pertanian. Setelah lulus kamu juga bisa jadi dosen kalau kamu mau.
  4. Sastra Rusia
    Jurusan Sastra Rusia juga salah satu yang sepi pemintanya jika dibandingkan dengan sastra bahasa lainnya seperti Sastra Inggris dan Sasta Korea. Padahal kalau kamu bisa mengusai bahasa Rusia yang terkenal sangat sulit, kamu bisa jadi orang yang banyak diminta jasa penerjemahnya di masa yang akan datang. Bisa jadi, orang Indonesia yang bisa bahasa Rusia nanti hanya sedikit jadi kalau ada hal yang berkaitan dengan bahasa Rusia akan kita lah yang dicari.
  5. Oseanografi
    Mungkin banyak dari kamu yang masih asing dengan jurusan ini ya. Oseanografi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mengenai berbagai aspek kelautan, seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya. Sebagai negara dengan mayoritas perairan, Indonesia sedang menguatkan sektor maritimnya. Jadi ilmu ini sangat dibutuhkan dan relevan dengan misi tersebut. Makanya lulusan dari jurusan ini banyak dicari dan gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi. Universitas dengan jurusan Oseanografi di Indonesia adalah UNDIP dan ITB.
  6. Teknik Biomedis
    Jurusan medis tidak melulu harus tentang kedokteran saja. Lulusan biomedis juga punya peran yang tidak kalah penting dari dokter. Seorang teknobiomedik atau biomedical engineer dibutuhkan untuk menangani teknik dan prosedur dunia kesehatan, seperti analisis, diagnosis, isntrumen kesehatan, sampai rekayasa medis.
  7. Fisioterapi
    Untuk Fakultas atau jurusan ilmu kesehatan sendiri yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat indonesia adalah kedokteran, keperawatan, kebidanan, apoteker dan kesehatan masyarakat. Padahal masih banyak program studi ilmu kesehatan lainnya seperti fisioterapi. Fisioterapi merupakan profesi di bidang kesehatan. Seseorang yang lulus dari akademi/fakultas fisioterapi akan menyandang gelar profesi Fisioterapis dan mempunyai kewenangan untuk melakukan aktifitas atau pekerjaan di bidang Fisioterapi. Peluang kerjadalam bidang ini juga cukup besar dan kamu juga bisa buka praktek sendiri atau pun bekerja di rumah sakit dan klinik di kotamu.
  8. Manajemen Transportasi
    Selama manusia sering berpergian, selama masih ada mobil, kapal dan pesawat maka lulusan manajemen transportasi masih dibutuhkan. Karena di jurusan manajemen transportasi kamu akan belajar manajemen lalu lintas kendaraan baik itu darat, laut ataupun udara serta barang-barang niaga. Nah, prospek kerjanya juga sangat terbuka lebar. Kamu bisa kerja di Departemen Perhubungan, kalau di darat bisa jadi DLLAJ (Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan), kalau di Udara kerja di Angkasa Pura atau Gapura Angkasa, kalau Laut kerjanya di Pelabuhan sebagai pengawas lalu lintas pelabuhan.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment