Loading Posts...

Beberapa Buah Ini Tidak Boleh Dimakan Bersamaan

Buah-buahan memang begitu disarankan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Berbagai manfaat bisa kamu dapatkan dari mulai melancarkan pencernaan, menjaga kekebalan tubuh, menurunkan berat badan serta hingga mencegah kanker. Tapi ternyata ada beberapa buah yang tidak bisa dikonsumsi secara bersamaan.

  1. Buah Jambu dan Pisang
    Banyak yang tidak tahu bahwa mencampur buah jambu dengan pisang tidak dianjurkan bagi kesehatan. Beberapa penelitian mengklaim, perpaduan dari 2 buah ini bisa menyebabkan mual, asidosis (kadar asam tubuh tinggi), dan sakit kepala.
  2. Pepaya dan Lemon
    Efek dari mengonsumsi pepaya dan lemon secara bersamaan akan menimbulkan masalah pada hemoglobin. Jika konsumsinya terus dilanjutkan bahkan akan menyebabkan anemia.
  3. Jeruk dan Wortel
    Makan yang berlebihan kombinasi ini akan menyebabkan malfungsi hati. Mereka akan membuat peningkatan produksi empedu, peningkatan zat tersebut dapat membahayakan ginjal dan membuat rasa mulas-mulas yang berlebihan.
  4. Mencampur Melon dan Semangka dengan Buah Lain
    Buah melon dan semangka tidak bisa dipasangkan dengan buah lain. Hal ini dikarenakan kandungan air yang ada pada melon dan semangka tinggi, sehingga kemampuan tubuh untuk mencerna buah ini lebih cepat. Jika melon dan semangka dicampur buah lain, maka buah-buahan lainnya akan lebih sulit untuk dicerna tubuh.
  5. Buah Manis Hanya Dicampur dengan Buah Manis
    Buah manis adalah buah yang gak mengandung asam sama sekali, seperti: pisang, buah kering, mangga matang dan anggur manis. Buah manis sebaiknya hanya dimakan barengan dengan buah manis. Jika buah manis dicampur dengan buah asam akan memperlambat pembentukan glukosa dan memungkinkan terbentuknya toksin. Menurut Penelitian, kombinasi buah ini justru beracun jika dimakan! Jangan mencampur juga buah manis dengan keju, yogurt, kacang-kacangan, ayam, ikan, daging merah, telur dan kelapa.
  6. Leci dan Durian
    Buah leci diketahui sebagai suatu jenis buah yang juga tak dianjurkan untuk dimakan bersama-sama buah durian. Perlu diketahui bahwa leci adalah buah yang menimbulkan efek panas sama seperti durian, jadi tentunya sudah tak perlu dipertanyakan lagi bukan apa efek yang bakal terjadi ketika memakannya bersamaan?
  7. Manggis dan Durian
    Durian dan manggis walau keduanya adalah sama-sama buah, rupanya tidaklah menjamin bahwa kedua jenis buah bisa dikonsumsi secara aman dalam waktu bersamaan atau berdekatan. Beberapa orang mengatakan bahwa mengonsumsi buah manggis sebelum atau sesudah durian justru baik karena mampu mencegah kenaikan asam lambung serta sakit kepala. Namun supaya tidak menimbulkan efek-efek yang tak diharapkan, sebaiknya coba hindarilah memakan kedua buah bersama-sama atau dalam jarak yang terlalu dekat. Durian sendiri adalah jenis buah yang mampu membuat suhu tubuh meningkat dan mengonsumsi di waktu bersamaan hanya akan memicu gangguan pencernaan sehingga perut akhirnya terasa tak nyaman. Jika pun ingin menikmati keduanya, berikan jarak waktu baik sebelum atau sesudah tanpa perlu berbarengan.
  8. Delima dan Aprikot
    Kedua buah ini sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Namun, mengonsumsi buah yang kaya protein dengan gula tinggi dapat menyebabkan masalah pada lambung. Kadar gula yang tinggi memberikan dampak negatif pada enzim yang akan melambat pencernaan.

Selain buah yang masuk dalam pengecualian ini, kamu bisa mengombinasikan makan buah bersamaan, namun pastikan aturan utamanya terpenuhi, jangan makan buah berbarengan dengan makan makanan lain, setelah makan besar. Jadikan buah sebagai camilan dan beri jarak dengan waktu makan utama.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment