Loading Posts...

Apa Saja Jurusan yang Cocok Untuk Kepribadian Introvert?

Apakah kamu tipe Introvet?

Menurut Carl Jung, seorang psychiatrist mendiskripsikan introvert adalah seorang pemikir kreatif dan seorang problem solver. Hanya saja, mereka tidak suka mengungkapkan itu atau berbicara sebelum mereka benar-benar matang. Seorang introvert juga bisa bersosialisasi maupun bekerja dengan banyak orang. Tapi berbicara kenyamanan, mereka lebih nyaman dengan tim-tim kecil bahkan sendiri.

Ciri-ciri lain dari seorang introvert adalah :

  • Lebih suka mendengar dari pada berbicara
  • Lebih menyukai berbicara dengan satu atau dua orang saja dalam satu waktu
  • Detail oriented
  • Tipe menunggu untuk diajak berbicara terlebih dahulu
  • Biasanya terlihat calm
  • Berwawasan luas
  • Enjoy bekerja sendiri atau dengan satu orang.

Kalau kamu introvert, berikut jurusan yang mungkin cocok denganmu:

  1. Akuntansi
    Bila berurusan dengan hitung – menghitung, kamu yang introvert sangatlah cocok bila memilih jurusan ini sebagai jurusan perkuliahanmu. Kenapa? karena dalam dunia kerja pun seorang akuntan tidak banyak membutuhkan interaksi sosial yang melelahkan buat seorang introvert. Karena memang tugasnya hanya berhubungan dengan keuangan dan angka – angka saja. Jadi mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini cenderung lebih serius, yang memang sangat cocok dengan karakter dengan para introvert yang lebih suka pada hal – hal yang fokus dan penuh ketelitian.
  2. Teknik Informatika
    Kalau kamu orangnya pendiam dan lebih suka otak-atik atau berlama-lama di depan komputer, kamu cocok masuk jurusan Teknik Informatika. Pekerjaan ini tidak membuatmu banyak interaksi dengan orang lain, sebab kamu lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer untuk membuat coding, program-program, atau memperbaiki aspek teknik yang berhubungan dengan komputer.
  3. Sastra
    Menulis (jurusan writing atau creative writing) dan sastra adalah jurusan selanjutnya yang juga cocok untuk si introvert. Biasanya di jurusan ini hal yang paling banyak dilakukan adalah membaca karya-karya sastra dan menulis sesuai dengan imajinasi dan pikiran kita sendiri. Ketika menulis kita akan lebih banyak menghabiskan waktu sendiri untuk menghasilkan inspirasi menulis.
  4. Design Grafis
    Seorang yang introvert memang menyukai hal – hal yang sedikit detail dan lebih kreatif, dan jurusan desain grafis akan sangat sesuai dengan kepribadian tersebut. Kenapa? Karena dunia desain sangat membutuhkan kreatifitas dan ketelitian tinggi yang memang dimiliki oleh kamu dengan pribadi yang introvert. Dan disini, kamu akan bisa mengeksplor sisi kreatif dari dalam diri dan menjelajahi batas imajinasi. Karena dalam desain grafis duniamu akan lebih fokus pada gambar,angka, foto, grafik dan ilustrasi yang nantinya bisa dituangkan dalam sebuah detail desain yang mempesona.
  5. Biologi atau Sains
    Jurusan lain yang cocok untuk mereka yang pendiam adalah biologi atau science. Jurusan-jurusan dalam bidang science didominasi oleh praktik dan juga penilitian. Ya namanya penelitian. Tangan dan konsentrasimu akan bekerja penuh. Setelah lulus pun, mereka dapat menjadi peneliti atau lab teknisi yang notabennya tidak membutuhkan banyak kontak dengan orang lain.
  6. Internet Marketing
    Kemampuan kamu dalam analisis yang jadi alasan kenapa jurusan marketing cocok buat kamu. Bakal lebih keren saat kamu bisa mendalami tentang internet marketing. Saat ini banyak banget perusahaan yang membutuhkan seseorang yang punya kemampuan di bidang internet marketing. Itu artinya saat lulus kamu nggak akan repot nyari pekerjaan.

Nah, udah dapat gambaran kan mengenai jurusan yang sesuai dengan kepribadian dan kemampuan kamu. Selain bikin kamu nyaman, jurusan-jurusan yang jadi pilihan orang introvert juga sangat menjajikan. Ada banyak pekerjaan bergaji tinggi yang menanti.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment