Loading Posts...

Apa Saja Buah-buahan yang Bagus Untuk Kesehatan Mata?

  1. Tomat
    Konsumsi satu tomat sehari dapat membantu menghilangkan masalah penglihatan karena mengandung likopen, senyawa yang melindungi mata dari radiasi UV yang berbahaya. Juga, keberadaan vitamin E dalam tomat mencegah kerusakan retina, sehingga membantu mempertahankan penglihatan yang baik.
  2. Alpukat
    Kandungan lutein pada alpukat dapat mengecilkan risiko kelainan pada mata, serta membuat mata fokus dalam menangkap obyek sehingga penglihatan menjadi lebih jelas. Bukan hanya itu, alpukat juga dapat dijadikan sebagai masker pelembap mata.
  3. Kiwi
    Makan 2-3 kiwi per hari dapat melindungi mata dari berbagai penyakit, seperti katarak dan degenerasi makula. Kandungan mineral di dalamnya juga baik untuk sistem saraf dan peredaran darah.
  4. Stroberi
    Buah berbiji lembut ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dibandingkan 1 buah jeruk. Vitamin B, folat, serat, dan berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Vitamin ini adalah antioksidan kuat, yang membentuk dan mengelola jaringan ikat, salah satunya kolagen yang terdapat di kornea mata. Fungsinya pun sama untuk mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula dan juga mampu mencegah kanker.
  5. Anggur
    Buah anggur memiliki beberapa jenis, yaitu anggur merah, hijau, dan hitam. Mengonsumsi anggur akan membantu melindungi retina dan merawat kesehatan mata dengan baik. Kandungan dalam buah anggur dapat mencegah terjadinya penyakit makula, salah satu jenis penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.
  6. Belimbing
    Ada dua jenis belimbing, yaitu belimbing wuluh dan belimbing buah. Belimbing wuluh biasanya dipakai sebagai bahan tambahan untuk menghasilkan rasa asam yang segar pada beberapa jenis masakan seperti sayur dan garang asem. Selain itu, belimbing wuluh ternyata dapat digunakan sebagai bahan manisan. Sedangkan belimbing buah dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman berupa jus yang menyegarkan. Buah belimbing mengandung betakaroten yang dapat diubah menjadi retinol dan vitamin A.
  7. Jeruk Melon dan Jeruk Nipis
    Jeruk lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C. Jenis buah ini akan membantu menjaga kesehatan mata dengan mencegah terjadinya makula, rabun, serta retinopati diabetik. Karena rasanya yang asam, sebaiknya lemon dan jeruk nipis dicampurkan ke dalam minuman lain sehingga memberikan rasa yang menyegarkan.
  8. Jagung
    Jagung kuning merupakan sumber besar lutein dan zeaxanthin dan ½ cangkir jagung yang di masak memiliki 1,8 gram pigmen yang bermanfaat yang bisa dikombinasikan per posrinya. Pigmen kuning alami akan hilang selama ARMD, namun penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang meningkatkan kadar lutein dan zaexanthin dalam darah dengan mengkonsumsi makanan seperti jagung, buah dan sayuran yang kaya akan karotenoid lainnya secara signifikan mengurangi risiko kehilangan pigmen. Salah satu studi bahkan menemukan, perempuan yang makan buah dan sayuran paling banyak, termasuk jagung kuning dapat mengurangi risiko terkena katarak. Untuk meningkatkan penyerapan pigmen eye-friendly di jagung, pastikan dengan menikmati jagung sebagai bagian dari makanan yang menyediakan beberapa lemak makanan seperti minyak zaitun, kenari atau salmon.
  9. Rambutan
    Kandungan vitamin C dan bioflavonoids pada rambutan yang merupakan pigmen tumbuhan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua nutrisi ini saling melengkapi mengurangi resiko gangguan penglihatan karena faktor usia dengan melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak dan degenerasi makula.
  10. Mangga
    Buah mangga banyak mengandung vitamin A, yaitu sekitar 765 IU setara dengan 25 persen dari total kebutuhan vitamin A tubuh. Buah mangga mengandung banyak flavonoid seperti alpha carotene, beta carotene, dan beta cryptoxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment