Loading Posts...

Aktivitas Yang Mampu Menurunkan Stress…

1. Berdoa
Berdoa dapat membuat orang-orang merasa terhubung dengan kesehatan spiritualnya. Dengan berdoa, Anda bisa melepaskan kegelisahan serta memasrahkan masalah Anda kepada Tuhan. Penelitian yang dilakukan Lisa Miller, direktur Clinical Psychology dan Spirituality Mind Body Institute di Teachers College, Columbia University, bahkan menemukan bahwa orang-orang yang memiliki keyakinan dan berdoa secara teratur memiliki korteks lebih tebal daripada mereka yang tidak. Korteks tebal ini menjadi indikator bahwa peluang mereka menderita depresi lebih kecil.

2. Mendengarkan musik klasik
Beberapa jenis musik dapat meningkatkan koherensi detak jantung sehingga kondisi jantung kita menjadi sehat. Dan jika Anda aktif mendengarkan musik tersebut, perhatian Anda akan masalah yang menyebabkan stres bisa sedikit teralihkan. Sistem syaraf kita memang hanya dapat memproses sejumlah informasi dalam satu waktu, sehingga kita cenderung bisa melupakan hal lain saat menyibukkan diri.

3. Menangis
Menangis dapat melepaskan ketegangan Anda dengan cepat. Penelitian yang dilakukan University of Minnesota juga menunjukkan bahwa menangis dapat mmembantu meluruhkan bahan kimia negatif penyebab stres di dalam tubuh. Hormon endorfin yang mengatur rasa bahagia pun keluar saat kita menangis.

4. Berenang atau berendam air hangat di bak mandi
Dilansir dari Shape, Sebuah studi asal Swedia yang dipublikasikan dalam International Journal of Management Stress menemukan bahwa mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh, yang membantu menekan tingkat hormon pemicu stres. Subyek menunjukkan perbaikan dalam stresnya, seperti merasa kurang tegang dan tertekan. Jika tak ada waktu untuk pergi ke kolam renang, berendamlah dalam bak kamar mandi, ditemani dengan lilin aromaterapi dan alunan musik lembut. Atau, cukup rendam kaki dalam air hangat yang dibubuhi minyak rempah atau aromaterapi. Aromaterapi dapat menjadi cara yang baik untuk menghilangkan stres. Aroma tertentu seperti lavender terbukti mengurangi tingkat stress

5. Tertawa
Pasang serial sitkom favorit Anda, bermain dengan anak kecil tetangga sebelah rumah, cari lelucon lucu di internet, atau tonton video-video lucu, apa saja yang bisa membuat Anda tertawa dengan mudah!

Tertawa bukan hanya menunjukkan bahwa Anda sedang menikmati momen, tapi juga mengubah sistem dalah tubuh yang dapat mengurangi stres dalam jangka panjang. Tertawa mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh (kortisol) dan sebagai gantinya melepaskan hormon bahagia, yaitu endorfin sehingga dapat mengubah cara pandang Anda terhadap hal-hal yang tadinya membuat Anda stres. Efek ini ternyata cukup tahan lama, lho! Perubahan mood akibat tertawa dapat berlangsung bahkan berjam-jam setelah apa yang menjadi bahan tertawaan Anda menghilang dari pandangan.

6. Pijat
Para ahli belum tahu pasti mengapa pijat membawa keajaiban bagi tubuh, tapi mereka tahu bahwa itu bisa terjadi. Studi menunjukkan pijat dapat mempercepat fungsi paru-paru pada penderita asma dan meningkatkan kekebalan tubuh. Studi juga menunjukkan pijat mungkin juga bermanfaat untuk menghilangkan stres. Pijat juga dapat membantu meningkatkan citra tubuh positif.

7. Menggambar
Cobalah kembangkan sisi seni dalam diri dengan menggambar untuk mengalirkan emosi dan mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat stres. Bila hasil akhirnya indah, dengan bangga kita akan menikmatinya dan membaginya dengan orang lain.

8. Menghabiskan waktu diluar ruangan
Saat hari libur datang, rasanya memang paling enak beristirahat dengan nyaman di rumah ya? Tapi coba pikir lagi deh. Bagi kamu yang bekerja didalam ruangan seharian, apa tidak rugi kalau Anda tidak menyempatkan sedikit waktu untuk menghirup udara segar di alam bebas? Sama seperti meditasi, melakukan aktivitas luar ruangan juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran Anda, salah satunya menurunkan stress.

Bagikan Akreditasi Kampus anda di Medsos

Leave a Comment